Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung untuk meningkatkan kenyamanan para pemudik yang mengantre di terminal penyangga di luar Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

"Kita sedang siapkan beberapa fasilitas pendukung, seperti Mushalla, toilet dan kamar mandi, air bersih, penambahan lampu penerangan jalan dan lainnya agar para pelaku perjalanan mudik Idul Fitri 1444 Hijriah yang akan melintas melalui Pelabuhan Tanjungkalian semakin nyaman dan tidak mengalami kejenuhan saat mengantre jadwal penyeberangan kapal feri," kata Wakil Bupati bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Senin.

Menurut dia, ketersediaan berbagai fasilitas pendukung terbut sangat dibutuhkan oleh para pelaku perjalanan pada saat mengantre jadwal pemberangkatan kapal feri.

"Pada saat arus kendaraan padat, bisa saja mereka mengantre seharian, berbagai fasilitas ini yang perlu kita siapkan agar mereka nyaman dan tidak jenuh selama menunggu," katanya.

Bong Ming Ming menjelaskan, berbagai fasilitas yang akan disiapkan di kawasan terminal penyangga, antara lain Mushala dua unit, toilet dan kamar mandi yang sudah ada akan segera diperbaiki dan ditambah dengan toilet portabel.

"Seperti tahun lalu kita akan tempatkan beberapa toilet portabel di beberapa titik, kita akan berkoordinasi dengan pemprov untuk penyediaan toilet portabel," katanya.

Selain itu, kata dia, penambahan jumlah lampu penerangan, baik di tepi jalan maupun di kawasan terminal penyangga juga akan ditambah dengan melibatkan para petugas dari PT PLN Rayon Mentok.

"Kita juga menggandeng PDAM Sejiran Setason untuk penyediaan air bersih, nanti dibantu truk tangki dari Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Dinas Pekerjaan Umum dan armada BPBD untuk pengangkutan dari sumber ke lokasi," katanya.

Pemkab juga akan menyiapkan tempat istirahat khusus bagi para pemudik, terutama untuk kaum perempuan, ibu hamil dan menyusui.

Dalam hal penanganan sampah juga sudah disiapkan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang akan mengambil sampah setiap hari.

"Dalam penanganan sampah ini kami minta PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian untuk membantu menyiapkan kantung-kantung plastik yang dipasang di sejumlah lokasi untuk memudahkan petugas mengambil sampah sehingga sampah tidak berserakan dimana-mana seperti tahun lalu," katanya.

Ia juga mengimbau para pelaku perjalanan untuk ikut berpartisipasi dalam penanganan sampah dan menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023