Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar Ibadah Jumat Agung.

Sekretaris Viva Paroki Regina Pacis, Yohannes Djohan Wijaya di Tanjung Pandan, Jumat mengatakan ibadah Jumat Agung tersebut dipimpin oleh Pastor R.D Gunzales Kun dan diikuti sekitar 800 umat.

"Ibadah Jumat Agung dimulai pada pukul 15.00 WIB hari ini dan akan berakhir pukul 18.00 WIB," katanya.

Menurut dia, dalam rangka memperingati wafatnya Isa Almasih Gereja Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan menggelar sejumlah acara dan kegiatan. 

Djohan menyebutkan, rangkaian acara dimulai dari Rabu Abu, Minggu Palma, Misa Kamis Putih, Ibadah Jumat Agung, Misa Vigili Paskah, dan Paskah.

"Rangkaian kegiatan akan berakhir pada, Minggu (9/4) yakni dilaksanakan ibadah Paskah rangkaian ibadah ini juga dikenal dengan sebutan Pekan Suci," ujarnya.

Dikatakan dia, Jumat Agung adalah hari peringatan Yesus Kristus dan kematiannya.

"Hari ini kami memperingati kematian Isa Al-Masih dan besok memperingati perayaan kebangkitan Isa Al-Masih," katanya.

Djohan menyebutkan, pada hari yang sama pihaknya juga telah menggelar rangkaian Ibadah Jalan Salib pukul 08.00 WIB di SD Regina Pacis Tanjung Pandan.

"Setiap rangkaian ibadah dipimpin oleh Pastor yang berbeda untuk Ibadah Kamis Putih dan Jumat Agung dipimpin oleh Pastor R.D Gunzales Kun serta Sabtu dan Minggu dipimpin oleh Romo Fransiskus Paskalis," ujarnya.

Ia menambahkan, guna memfasilitasi ramainya umat Katolik yang datang beribadah pihaknya telah menyiapkan tenda dan kursi tambahan.

"Kami sudah siapkan kursi dan tenda tambahan untuk memfasilitasi ramainya umat yang datang karena menurut perhitungan kami ada sekitar 600-800 umat yang datang setiap kali kegiatan ibadah," katanya.

Djohan berharap, melalui peringatan Paskah umat Katolik diharapkan dapat menjadi umat yang partisipatif, sinodal dan tetap berpusat pada Kristus.

"Kemudian umat Katolik juga diharapkan dapat bela rasa, dan berbagai kepada sesama yang membutuhkan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023