Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pangkalpinang memastikan stok dan harga bahan pokok penting di kota itu terjamin dan stabil menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Alhamdulillah pada hari ini kita TPID bersama tim melakukan kunjungan ke pasar, istilahnya bukan sidak ya, tetapi kita mengetahui monitoring untuk berkenaan dengan stok, kemudian juga harga, apakah ada penimbunan dari bahan pokok tersebut," kata Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Mie Go, Jumat (14/3).

Adapun hasil yang diperoleh pihaknya, Mie Go menginformasikan bahwa saat ini kesiapan stok bahan pokok aman, kemudian harga dikategorikan stabil. 

Ia berharap H-1 atau H-2 lebaran harga tetap terjamin kemudian stok juga terjamin. 

"Mungkin secara keseluruhan harga bahan pokok masih terkendali, hanya daging ayam memang ada sedikit kenaikan Rp1.000 sejak tiga hari yang lalu," katanya.

Sementara untuk bahan pokok lainnya seperti beras tidak mengalami kenaikan, harga masih pada kisaran Rp132.000 per-10 Kg. Untuk Stok beras dinilai cukup, di mana saat ini terdapat 1.400 ton, secara kontinyu distributor menyiapkan stok. 

"Adapun stok sapi bukan cukup, tetapi berlebih satu bulan sebelum lebaran daging sapi ini melebihi. Untuk harga saat ini kita di pasar daging, berkisar Rp140-145 ribu, informasi ini harganya stabil. Bawang, cabai, telur juga masih stabil," katanya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, Faturrahman memprediksi inflasi tahun ini lebih baik jika dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Kalo dilihat stok dan harga bahan pokok dan penting, kami melihat sepertinya Insyaa Allah pada tahun ini inflasinya akan lebih baik dari tahun lalu. 

"Bahan pokok penting seperti di distributor maupun pasar langsung mudah-mudahan lebih baik dari tahun lalu," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023