Kapal cepat Express Bahari 3 E memberangkatkan sebanyak 128 pemudik dari pelabuhan Tanjung Pandan di Belitung menuju pelabuhan Pangkal Balam di Kota Pangkal Pinang, Sabtu (15/4) pagi.

"Jumlah penumpang kapal cepat Express Bahari 3 E hari ini tercatat sebanyak 128 penumpang," kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Hengki di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, para penumpang kapal cepat tersebut mayoritas terdiri dari pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya guna merayakan Idul Fitri 1444 Hijiriah baik tujuan Bangka maupun Palembang.

"Memang sejumlah besar penumpang adalah pemudik yang pulang ke kampung halaman," ujarnya.

Menurut Hengki, jumlah pemudik yang menggunakan kapal cepat Express Bahari 3 E pada, Sabtu (15/4) atau H-6 Idul Fitri 1444 Hijiriah menurun jika dibandingkan sehari sebelumnya dari 211 penumpang menjadi 128 penumpang.

"Kalau pada, Jumat (14/5) atau H-7 Idul Fitri 1444 Hijriah jumlah penumpang kapal cepat Express Bahari 3 E sebanyak 211 penumpang memang turun jika dibandingkan hari ini," katanya.

Hengki menjelaskan, memang jumlah ini masih dinamis dan diprediksi jumlah pemudik yang melintas di pelabuhan Tanjung Pandan terus meningkat.

"Kami tidak bisa berpatokan pada hari ini karena situasi masih sangat dinamis mungkin para pemudik memilih belum melakukan perjalanan mudik pada hari ini," ujarnya.

Pihaknya memperkirakan puncak arus mudik Idul Fitri 1444 Hijiriah di pelabuhan Tanjung Pandan akan berlangsung pada, Rabu (19/4) atau H-3 Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami memprediksikan puncak arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah akan berlangsung pada hari tersebut karena bertepatan dengan libur kerja dan sekolah," katanya.

Ia menyebutkan, arus mudik Idul Fitri 1444 Hijiriah di daerah itu akan dilayani oleh empat kapal.

Adapun keempat kapal tersebut adalah KM Sawita, KM Salvia, KM Srikandi Line, dan Express Bahari 3 E.

"Kami juga telah membentuk Posko Angkutan Laut Lebaran 2023 guna mendukung kelancaran arus mudik di pelabuhan Tanjung Pandan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023