Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerjunkan sebanyak 120 personel gabungan untuk pengamanan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Lebaran tahun ini kita menerjunkan sebanyak 120 personel gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Dwi Budi Murtiono di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, sebanyak 120 personel gabungan tersebut ditempatkan di empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan kesehatan yang tersebar pada tiap kecamatan.

"Dari Polres Bangka Tengah kita menerjunkan sebanyak 60 personel, sisanya dari TNI dan Satpol PP," ujarnya.

Ia mengatakan kekuatan personel sedikit lebih banyak dibanding pada lebaran tahun sebelumnya sebagai langkah antisipasi membludaknya warga yang melakukan perjalanan mudik tahun ini.

"Kita juga menyiapkan personel cadangan dari Polda Bangka Belitung yang sewaktu-waktu bisa diterjunkan apabila keadaan darurat keamanan," ujarnya.

Kapolres mengatakan pola pengamanan yang dilakukan para personel sama seperti tahun sebelumnya yaitu mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan Polda Babel.

"Bangka Tengah merupakan jalur perlintasan para pemudik, maka kita lebih memperketat pengamanan lalu lintas orang dan barang," ujarnya.

Kapolres mengimbau para pemudik yang melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman untuk lebih hati-hati dan memastikan situasi dan kondisi aman dalam perjalanan.

"Pastikan kendaraan layak jalan, lengkapi surat kendaraan dan memastikan rumah ditinggalkan dalam keadaan aman dari praktik kriminal," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023