Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai Bank penyalur Kredit usaha rakyat (KUR) terbesar di Indonesia pada tahun 2022 telah menyalurkan dana KUR sebesar Rp 252,38 triliun kepada 6.583.105 debitur. Junlah tersebut tumbuh 29,83 persen dibandingkan tahun 2021.

Untuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), BRI dana KUR yang telah diaalurkan BRI Rp 1,379 triliun kepada 24.545 debitur di tahun 2022 dengam sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi target utama dalam penyaluran KUR ini.

"Selain berbunga rendah, pembiayaan melalui program KUR ini terbukti mampu membuat UMKM ‘naik kelas’ dan banyak membuka lapangan pekerjaan," kata Pimpinan Cabang BRI Pangkalpinang Dolly Senja Permadi di Pangkalpinang, Selasa.

Dolly mengatakan pihaknya sangat optimis dapat mencapai target penyaluran KUR tahun 2023 tersebut karena ekonomi masyarakat sudah kembali pulih setelah dua tahun terdampak pandemi. Upaya yang dilakukan BRI seperti memberikan pelatihan, pengawalan dalam program inkubasi, membangun kluster usaha.

Kegaiatan yang melibatkan kluster UMKM ini dihadirkan untuk mendorong penjualan produk mereka. Kluster usaha adalah kelompok usaha yang trebentuk berdasarkan kesamaan usaha, dalam satu wilayah sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam peningkatan maupun pengembangan usaha para anggotanya.

Adapun kluster usaha yang tersebar di BRI Babel berjumlah 123 kluster yang terdiri dari kluster usaha industry makanan, penangkapan ikan, ternak dan budidaya ikan, kerajinan tangan, perkebunan, dan lain-lain.

Untuk mendukung program Pemprov Babel yaitu gerakan “Hijau Biru Babelku”, BRI melakukan kegiatan penghijauan yang diberi nama “BRI Menanam” yang dilakukan serentak diseluruh wilayah Bangka Belitung dengan jumlah 4.700 batang pohon tanaman keras yang terdiri dari alpukat, duku, dan durian.

"BRI sebagai induk bersama PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PT PNM) tergabung dalam holding ultra mikro yang bertujuan untuk mewujudkan layanan keuangan yang lengkap, terintegrasi, dan memenuhi kebutuhan pelaku usaha," ujarnya.

Selain program penyaluran KUR, BRI juga bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan Pertamina dalam penyaluran BBM Subsidi jenis solar menggunakan kartu Brizzi Fuel Card (14.530 kartu ) dan LPG Card (24.330 Kartu) untuk Subsidi Gas LPG 3 kg diwilayah Beliting Timur.

Kedepannya BRI akan bekerjasama untuk palayanan BBM Subsidi kepada para Nelayan melalui Kartu Nelayan.
BRI Juga terus berusaha bersinergi bersama Pemerintah Daerah dengan cara bekerjasama dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang saat ini sudah berjalan di Kabupaten Bangka Barat.

"Dalam waktu dekat BRI juga akan mengimplementasikan pembayaran PBB di Kabupaten Bangka Tengah dengan harapan kerjasama tersebut masyarakat Bangka Belitung akan lebih mudah dalam pembayaran PBB, sehingga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," harapnya.

Dolly menambahakn hal lainnya dalam memaksimalkan pelayanan BRI saat ini yaitu persiapan Hari Raya Idul Fitri 2023. BRI di wilayah Bangka Belitung berkomitmen secara maksimal memberikan layanan terbaik untuk nasabah dalam bertransaksi.

Persiapan-persiapan yang dilakukan BRI dalam mraksimalkan pelayanannya sebagai persiapan HarinRaya Idul Fitri 2023 yakni, pertama menjaga kecukupan Kas di 43 Unit Kerja Operasional (UKO) BRI diwilayah Babel serta membuka layanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat selama bulan Ramadhan 2023.

Kedua, memberikan layanan terbatas pada saat libur barsama di 3 UKO, khususnya untuk pelayanan Pertamina, ASDP, Jasa Raharja dan layanan nasabah ritel yang dibuka pada tanggal 19, 21 dan 24 April 2023.

Ketiga, memastikan layanan e-Channel berjalan lancar dalam menghadapi periode libur Lebaran dengan melaksanakan program BRI Gerakan E-Channel Siaga Terpadu (BRIGesit) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI), yaitu menjaga reliability terhadap 138 ATM dan 45 CRM kelolaan BRI Di Wilayah Babel yang siap melayani dengan emisi uang baru.

Selain itu sebanyak 385 EDC Merchant BRI dan 2.887 Agen Brilink juga akan terus dimonitor secara berlapis sehingga diharapkan nasabah yang melakukan transaksi tidak mengalami gangguan atau hambatan.

Keempat, BRI juga menyediakan alat pembayaran lain berupa BRIZZI yang merupakan produk elektronik sebagai peganti uang tunai yang bisa digunakan untuk pembayaran parking bandara, penyebrangan ASDP Muntok dan Pembayaran belanja di Merchant BRI.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023