Pelindo Regional 2 Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan rangakaian arus mudik dan balik Lebaran 2023 di pelabuhan Tanjung Pandan berjalan lancar.

General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Pandan, Ferial Dunan Sidabutar, di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan arus mudik dan balik Lebaran 2023 didominasi oleh penumpang tujuan Pangkal Balam.

Ia menyebutkan, puncak arus mudik di pelabuhan Tanjung Pandan berlangsung pada H-3 sampai dengan H-2 Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pada H-3 Idul Fitri terdata 389 orang penumpang naik dan 357 orang penumpang turun. Sedangkan H-2 terdata 323 orang penumpang naik dan 351 orang penumpang turun," katanya.

Ia menambahkan, sedangkan puncak arus balik Idul Fitri 1444 Hijriah berlangsung pada 1 Mei sebanyak 401 orang penumpang naik dan 368 orang penumpang turun.

Dikatakan dia, saat ini jumlah penumpang di terminal Laskar Pelangi pelabuhan Tanjung Pandan terpantau turun.

“Penumpang asal dan tujuan pangkal Balam sudah kembali normal seperti sebelum masa mudik lebaran sekitar 150 orang yang berangkat dari Tanjung Pandan," ujarnya.

Selain itu, kapal cepat Express Bahari 3 E yang melayani rute pelabuhan Tanjung Pandan - Pangkal Balam kembali berlayar normal yakni tiga kali dalam seminggu (Senin, Rabu, dan Jumat)

"Seperti informasi yang didapat dari PT Sakti Inti Makmur untuk pembelian tiket juga sudah bisa dilakukan melalui aplikasi," katanya.

Ferial mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah terlibat sehingga arus mudik Lebaran 2023 di pelabuhan Tanjung Pandan dengan aman, tertib dan lancar. 

“Terimakasih kepada semua pihak yang tergabung dalam Pos Koordinasi Angkutan Lebaran 2023, sehingga keamanan pelabuhan sebagai objek vital nasional tetap terjaga dan arus barang strategis seperti BBM, sembako dan arus penumpang dapat berjalan lancar," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023