Seorang Remaja diringkus Tim 1 Opsnal Jatanras Subdit 3 Ditreskrimum Polda Bangka Belitung lantaran melakukan tindak pidana pecurian motor (curanmor).

Remaja berinisial Mr ini dibekuk saat berada di Rumahnya di Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang, Kamis (4/5/23) malam.

"Untuk Mr ini masih dibawah umur,"kata Kabid Humas Polda Bangka Belitung AKBP Jojo Sutarjo, Senin (8/5/23) siang.

Jojo mengatakan, saat diamankan Tim Jatanras, Mr mengaku melakukan aksi pencurian  tersebut bersama satu orang temannya.

"Untuk satu temannya ini, sebelumnya sudah diamankan dalam kasus lain yakni berinisal IH dan sudah diamankan di Polresta Pangkalpinang,"kata Jojo.

Lebih lanjut, Perwira Menengah Polri ini mengungkapkan bahwa keduanya ini terlibat dalam pencurian sepeda motor dengan tempat kejadian perkara di Pangkalpinang dan Bangka Tengah.

Untuk modus, Jojo menambahkan bahwa keduanya mengambil motor tersebut di pekarangan rumah korban.

"Keduanya memiliki peran masing-masing. IH yang mendorong motor sampai kedepan kemudian di sambut Mr. Hasil curiannya di sembunyikan di hutan, setelah itu baru motor tersebut dijual oleh keduanya," ungkap Jojo.

"Untuk hasil dari penjualan motor curian tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,"tambah Jojo.

Usai diamankan, Mr berikut barang bukti yakni dua unit sepeda motor langsung dibawa ke Polda Bangka Belitung untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. 

"Dari informasi kita dapatkan, Mr ini sudah dilakukan pemeriksaan didampingi kedua orangtuanya serta kita juga sudah berkordinasi dengan Balai Pemasyarakatan," kata Jojo.

Sementara itu, terkait curanmor ini, Jojo menghimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan waspada.

Menurutnya, terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor ini karena adanya kesempatan yang menimbulkan niat seseorang untuk melakukan tindak kejahatan.

"Kami dari Kepolisian tentunya menghimbau masyarakat agar bisa menjadi polisi bagi diri sendiri. Kalau meninggalkan kendaraannya pastikan betul keamanannya, kalau perlu memasang kunci pengaman tambahan dan tidak memarkirkan sepeda motor di sembarang tempat," pesan Kabid Humas.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023