Muntok (Antara Babel) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mematangkan persiapan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA dan sederajat yang akan digelar di dua lokasi di daerah itu.

"Sampai saat ini kami terus melakukan pemantauan di dua sekolah pelaksana UNBK yaitu di SMA Negeri I Muntok dan SMK Negeri I Muntok agar saat ujian yang akan digelar selama tiga hari mulai Senin (4/4) berjalan lancar," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bangka Barat, Rukiman di Muntok, Jumat.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan dua sekolah tersebut untuk memastikan seluruh peralatan pendukung pelaksanaan UNBK selalu dipantau petugas sekolah.

Perangkat komputer, server, jaringan internal dan terjaminnya ketersediaan listrik menjadi hal utama untuk melaksanakan UNBK yang akan diikuti sebanyak 133 siswa SMK Negeri I Muntok dan 160 siswa SMA Negeri I Muntok tersebut.  
    
"Kami berharap pada pelaksanaan nanti tidak ada gangguan listrik dan jaringan internet sehingga para peserta bisa mengerjakan soal dengan baik," kata dia.

Ia mengimbau agar dua sekolah tersebut menyediakan mesin genset sesuai kapasitas sebagai persiapan jika sewaktu-waktu terjadi pemadalam listrik.

Kepala Sekolah SMAN 1 Muntok, Sudarni optimistis pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut berjalan sesuai harapan baik dari sisi pelaksanaan maupun target kelulusannya.

"Simulasi ujian seperti sesungguhnya, bimbingan belajar, dan sejumlah tes juga sudah kami gelar beberapa kali, sedangkan untuk peralatan semua sudah siap," kata dia.

Pengelola salah satu sekolah unggulan di Muntok tersebut menyiapkan sebanyak 50 unit komputer yang akan dibagi menjadi dua lokal.

"Sebanyak 133 peserta yang berasal dari jurusan IPA 83 siswa dan jurusan IPS 50 siswa kami bagi menjadi tiga kelompok masing-masing jurusan, mereka akan masuk secara bergantian sesuai jadwal," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016