Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan tujuh kabupaten dan kota di Kepulauan Babel pada Kamis (18/5) tanpa penambahan kasus COVID-19, sehingga pasien terpapar virus corona aktif tersisa 42 orang.

"Hari ini tidak ada kasus orang terpapar virus corona, pasien sembuh bertambah dua dan meninggal nihil," kata kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan saat ini jumlah pasien COVID-19 aktif yang masih menjalani karantina sebanyak 42 orang tersebar di Belitung 15, Bangka 10, Bangka Barat 8, Pangkalpinang 4, Bangka Selatan 3 dan Kabupaten Bangka 2 orang pasien.

"Saat ini hanya Belitung Timur tanpa pasien COVID-19 dan ini akan terus dipertahankan melalui edukasi protokol kesehatan dan vaksinasi kepada masyarakat daerah itu," ujarnya.

Baca juga: Masyarakat adat menanti kesetaraan vaksin

Ia berharap meski kasus penularan virus corona ini sudah melandai, namun masyarakat untuk tetap waspada dan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta selalu menjalankan protokol kesehatan agar tidak terjadi lagi lonjakan kasus COVID-19.

"Masyarakat harus tetap waspada, karena virus ini masih ada dan bisa saja terjadi lonjakan kasus akibat kelalaian masyarakat menjalankan prokes," katanya.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kepulauan Babel Rais Haru mengatakan pelayanan vaksinasi booster pertama dan kedua di pusat layanan kesehatan masyarakat.

"Sosialisasi dan pelayanan vaksinasi di rumah sakit, puskesmas dan klinik terus digencarkan, sebagai upaya penting untuk meningkatkan titer antibodi dan memperpanjang perlindungan tubuh masyarakat dari virus tersebut," katanya.

Baca juga: Dinkes Kabupaten Bangka Barat siapkan sejumlah langkah setelah pencabutan PPKM

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023