Muntok (Antara Babel) - Nelayan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima bantuan dari PT Timah (Persero) Tbk berupa rumpon atau tempat ikan laut berkumpul.

"Bantuan rumpon sudah diterima dan langsung ditebar di perairan yang jaraknya sekitar tiga mil dari tepi pantai Tanjungpunai," kata Kepala Bidang Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Yopie Mardianta di Muntok, Rabu.

Rumpon berbahan baku semen dan pasir dengan jumlah 100 unit tersebut ditebar di satu lokasi. "Luas sebaran rumpon mencapai sekitar 50X50 meter," kata dia.

Lokasi yang dipilih untuk menebar rumpon tersebut selama ini menjadi lokasi penangkapan ikan oleh nelayan setempat dan dinilai sesuai kebutuhan.

"Jaraknya tidak terlalu jauh jika ditempuh dari Tanjungpunai yaitu sekitar 20 menit, namun jika ditempuh dari dermaga Pasar Ikan Muntok hampir satu jam," kata dia.

Penebaran rumpon tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Timah (Persero) Tbk dalam membantu meningkatkan pendapatan nelayan, sekaligus menjaga kelestarian laut di daerah itu.

Upaya restorasi kehidupan bawah laut di perairan tersebut dibutuhkan agar semakin banyak ikan yang berkumpul sehingga memudahkan nelayan menangkap ikan.

Pada penebaran rumpon dilaksanakan beberapa hari lalu oleh petugas perusahaan negara tersebut bersama nelayan lokal.

"Kami berikan apresiasi positif atas kepedulian perusahan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan, kami juga berharap upaya tersebut mampu mengembalikan kelestarian laut sehingga ke depan mampu meningkatkan hasil tangkapan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016