Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Tarmizi Saat berharap tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) SMA sederajat di daerah itu pada tahun ini naik dibanding tahun sebelumnya.

"Saya berharap tingkat kelulusan pada tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, sehingga prestasi yang diraih siswa di Kabupaten Bangka tidak kalah dengan daerah lainnya," katanya di Sungailiat, Rabu.

Selain itu, bupati juga berharap Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang kini sedang berlangsung dapat mendongkrak peringkat pendidikan sekaligus menghasilkan prestasi terbaik bagi para siswa di daerah itu.

"Kita berharap semua siswa dapat lulus UN. Disamping itu juga dapat menaikkan peringkat dan prestasi dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Bangka," ujarnya.

Ia mengatakan, berdasarkan pemantauan tim dari Pemerintah Kabupaten Bangka secara keseluruhan pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik, jujur dan tertib serta tidak ada masalah yang serius.

"Secara keseluruhan pelaksanaan UNBK sampai dengan hari ketiga ini berjalan dengan lancar, aman dan tertib sesuai yang kita harapkan," katanya.

Bupati cukup optimistis dengan hasil ujian tahun ini, karena melihat persiapan yang sudah dilakukan oleh seluruh sekolah termasuk upaya dalam meningkatkan kemampuan siswa melalui "try out" dan belajar tambahan.

"Kita optimistis dengan hasil UN tahun ini melihat persiapan yang dilakukan sekolah sudah maksimal dan ini merupakan puncak dari proses belajar siswa selama tiga tahun di bangku SLTA," katanya.

Ia menyatakan, semua tim harus bekerja sesuai dengan mekanisme, tugas dan fungsinya sehingga menghasilkan kelulusan yang objektif tanpa ada rekayasa.

"Ketentuan dan aturan yang berlaku harus menjadi pedoman bagi panitia dan tim pengawas dalam menjalankan tugasnya, sehingga hasil kelulusan mendapatkan nilai murni sesuai dengan kemampuan peserta ujian," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016