Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil masuk menjadi salah satu nominator penghargaan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN Award) 2023 untuk kategori penyelenggaraan sertifikasi elektronik atau tanda tangan elektronik.

"Kami telah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam menunjang proses penilaian yang dilakukan tim BSSN RI," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Arwendy di Mentok, Kamis.

Sebagai pendukung proses penilaian Diskominfo Bangka Barat telah menyiapkan bukti implementasi yang sudah dilakukan selama kurang lebih setahun terakhir dimana Pemkab Bangka Barat memulai proses digitalisasi, misalnya dengan aktif memanfaatkan aplikasi Srikandi dan V-Tax di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah kabupaten setempat.

"Beberapa materi implementasi sertifikat elektronik yang diadopsi pemerintah daerah ini sudah disiapkan ini sudah kami sampaikan melalui pemaparan kepada kepada tim penilai BSSN dalam kunjungannya dua hari lalu," katanya.

Pada tahun lalu, Pemkab bangka Barat juga telah berhasil mendapatkan anugerah sebagai Kabupaten Informatif dan pada tahun ini diupayakan agar mampu meraih prestasi dalam BSSN Award.

"Kami upayakan semaksimal mungkin, salah satunya dengan memanggil tim teknisi IT yang terdiri dari tim e-Government, Bidang Statistika dan Persandian, Dinas Perpustakaan dan BP2RD," katanya.

Hal itu dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam rangka penilaian penyelenggaraan sertifikasi elektronik.

Menurut tim penilai BSSN Republik Indonesia, proses peninjauan dan monitoring dilakukan secara rutin setahun sekali di lokasi prioritas yang telah ditetapkan sebagai daerah nominasi BSSN Award.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023