Melalui pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan EduRank yang merupakan lembaga pemeringkatan internasional bersifat independen di Amerika Serikat, Universitas Bangka Belitung (UBB) berhasil meraih peringkat ke 83 di seluruh Indonesia dengan naik sebanyak 28 peringkat dibandingkan pemeringkatan sebelumnya.

"Pemeringkatan EduRank dinilai berdasarkan dengan mengukur kinerja universitas dan fakultas di dunia berdasarkan kualitas pengajaran, kinerja penelitian, dan dampak alumni masing-masing universitas," kata Rektor UBB, Ibrahim di Pangkalpinang, Kamis.

Ibrahim mengatakan tidak hanya di Indonesia, dalam peringkat dunia dan Asia UBB juga mengalami peningkatan peringkat dimana sebelumnya 6.118 di dunia menjadi 5.784 dari 14.131 universitas di dunia dan di Asia dari 2.278 menjadi 2.139 dari 5.830 universitas di Asia.

Menanggapi adanya peningkatan peringkat kampus versi EduRank tersebut, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Nizwan Zukhri menyebutkan, pemeringkatan ini sebenarnya bukanlah menjadi tujuan utama namun yang menjadi prioritas kita sebenarnya adalah meningkatkan mutu dan kualitas dari UBB sendiri.

"Ketika adanya peningkatan mutu dan kualitas yang dilakukan oleh semua pihak di UBB ini, tentunya itu akan mengimbangi peningkatan dari kemajuan universitas tersebut," ujarnya.

Seperti halnya pemeringkatan EduRank salah satunya adalah mengenai capaian alumni, bahwa ini harus menjadi perhatian terutama meningkatkan prestasi bagi mahasiswa, hingga ketika telah menjadi alumni dapat memberikan kontribusi sebaik mungkin tidak hanya berupa bentuk fisik tetapi ide-ide.

Salah satu upaya untuk mendorong lulusan menjadi berkualitas, ketika menjadi mahasiswa kita harus memberikan edukasi bahwa lulusan tidak hanya mencari pekerjaan tetapi menciptakan lapangan pekerjaan, salah satunya adalah melalui kewirausahaan dan tidak menjalani masa tunggu.

"Semua capaian ini tidak terlepas dari namanya usaha semua pihak untuk kemajuan Universitas Bangka Belitung," tegasnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023