Muntok (Antara Babel) - Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pengawasan terhadap seluruh kendaraan yang akan menyeberang dan turun dari kapal feri di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok.

"Pemeriksaan dilakukan personel terhadap seluruh muatan kendaraan roda empat yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera untuk mengantisipasi kemungkinan ke luarnya barang hasil kejahatan ke luar daerah," kata Kapolres Bangka Barat melalui Kapolsek Muntok AKP Yogie Pramagita di Muntok, Jumat.

Pemeriksaan dilakukan pada Kamis (7/4) dimulai sekitar pukul 14.00 WIB hingga sore hari terhadap seluruh kendaraan roda empat yang akan menyeberang dan yang baru turun dari kapal feri.

Pelabuhan Tanjungkalian merupakan jalur utama penyeberangan yang dilayani kapala feri dan kapal cepat yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Pulau Sumatera.

"Pemeriksaan kali ini kami laksanakan untuk mengantisipasi kemungkinan para pelaku tindak kejahatan yang akan melarikan diri atau membawa barang hasil curian ke luar daerah," kata dia.

Selain memeriksa barang yang diangkut kendaraan, pada razia tersebut juga dilakukan pemeriksaan kelengkapan kedaraan dan surat-surat kendaraan beserta pengemudinya.

Pelaksanaan penertiban tersebut dilakukan menindaklanjuti adanya tren meningkatnya jumlah kejahatan di daerah itu.

"Kami berharap masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan dan berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, mengingat saat ini ekonomi di Babel terus menurun," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016