Bunda PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maya Suganda Pasaribu mengunjungi empat Lembaga PAUD yang ada di Kota Sungailiat Kabupaten Bangka guna melihat kelebihan dan kekurangan Lembaga PAUD yang ada di daerah.
 
Di kesempatan ini Bunda Maya menekankan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan serta para guru PAUD akan pentingnya kesehatan dan gizi untuk anak usia dini melalui pemberian makanan tambahan atau makanan bergizi secara berkala.
 
"Dengan begitu kita juga berkontribusi menurunkan angka stunting dengan mendeteksi dini tumbuh kembang Anak secara rutin dan mendukung layanan PAUD berkualitas dengan memberikan peningkatan kompetensi pendidikan dan tenaga kependidikan di semua Satuan PAUD," kata Maya usai mengunjungi empat Lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Bangka, Sabtu.
 
Empat Lembaga PAUD yang dikunjungi yakni, PAUD Ananda Gemilang, TK Maria Goretti, Kelompok Bermain Aisyiyah, dan TK Permata Bunda yang berada dinKota Sungailiat Kabupaten Bangka.
 
Dalam kinjungan ini Bunda Maya menekankan satuan PAUD tidak hanya memberikan layanan pembelajaran tapi juga layanan esensial lainnya seperti pemantauan imunisasi dasar lengkap, Penerapan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemberian pembelajaran yang dapat melatih dan mengasah kemampuan motorik dan sensorik.
 
Dengan menghadirkan sarana dan prasarana yang berfokus pada keamanan peserta didik, menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan menyenangkan, serta memiliki kualitas pengelolaan satuan seperti adanya sistem pendataan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Lembaga PAUD harus memberikan pelayanan terbaik.
 
"Anak gampang sekali meniru kita, contoh ketika kita mengajarkan permainan alat musik pianika atau seruling, mereka dengan mudahnya meniru dan mengembangkan kemampuan mereka. Oleh karena itu lembaga PAUD harus memberikan pelayanan terbaik bagi anak usia dini agar anak dapat berkembang dengan utuh dan lebih baik," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023