Wartawan senior Replianto terpilih menjabat Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam musyawarah wilayah (Muswil) pertama paguyuban "urang minang" itu pada Sabtu (27/5) malam.

Uda Rep, panggilan akrab Replianto yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Bangka Belitung didapuk menakhodai paguyuban "urang minang" itu untuk periode 2023-2028.

Replianto dalam menjalankan paguyuban itu akan didampingi "urang awak" lainnya yaitu Yos Hendri sebagai sekretaris dan Novendra Hidayat sebagai bendahara, sedangkan kepengurusan lainnya akan disusun belakangan bersama tim formatur lainnya. 

Selain Replianto, Yos Hendri dan Novendra Hidayat, Tim Formatur Kepengurusan DKW IKM Babel ini juga terdiri dari Aswandi, Darusman, Lukman Sikumbang dan Pairus.

Dalam sambutan pertamanya sebagai Ketua DPW IKM Babel Replianto mengatakan pentingnya membangun soliditas dan solidaritas sebagai anggota IKM Babel agar keberadaannya di tanah rantau ini bermanfaat.

Baca juga: Gelar Muswil, Paguyuban Minang Bangka Belitung Sertifikatkan Rumah Gadang Hingga Mushalla

"Keberadaan kita akan terasa penting di tanah rantau kalau kita solid dan terus bersama untuk memajukan diri sehingga berdampak kepada kemajuan daerah dimana kita berada,” ujarnya.

Di tahun politik sekarang ini, kata dia, tugas berat menanti kiprah pengurus IKM DPW Babel. Saat ini, lima warga Pangkalpinang keturunan Minangkabau tercatat sebagai calon legislatif untuk DPRD Provinsi Bangka Belitung satu orang, dan empat  DPRD Kota Pangkalpinang.

"Kita bukan menerapkan politik identitas tapi kita harus memperlihatkan identitas kita untuk bersama-sama membangun daerah dimana kita berada," ujarnya.

Mereka yang tercatat sebagai caleg itu meliputi Rodi Afriniko dari PKS untuk DPRD Provinsi Dapil Pangkapinang. Sedangkan untuk DPRD Pangkalpinang yaitu Yos Hendri M dari PKS Dapil Rangkui, Aswandi dari Partai Golkar dapil Bukit Intan Girimaya, Bram Pranata Dari Parkai Golkar dapil Taman Sari Pangkalbalam, dan Iskandar Wahyudi dari PKS dapil Garunggang.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023