Kapolres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung AKBP Catur Prasetiyo menyatakan siap mengawal keamanan selama berlangsungnya seluruh tahapan pesta demokrasi 2024.

"Sampai sejauh ini pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 berjalan lancar, situasi keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat juga cukup kondusif, mari kita bersama-sama menjaga kondisi seperti ini agar semuanya berjalan dengan baik sesuai aturan yang berlaku," kata Kapolres AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Senin.

Menurut dia, masyarakat di Kabupaten Bangka Barat sejauh ini cukup dewasa dalam menyikapi pelaksanaan pesta demokrasi yang rutin digelar lima tahunan tersebut.

"Kami juga telah melakukan pemetaan awal potensi kerawanan yang mungkin saja bisa terjadi pada tahap persiapan pelaksanaan pemilu," ujarnya.

Pada saat ini penyelenggara pemilu sedang melaksanakan proses tahapan pendataan pemilih seiring dengan proses pendaftaran bakal calon legislatif di tingkat daerah setempat.

Berbagai potensi munculnya kerawanan pada pelaksanaan tahapan ini sudah dilakukan pencegahan dengan pola sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat dan pengurus partai politik.

"Kami juga akan melakukan upaya pencegahan konflik, termasuk dalam antisipasi kemungkinan terjadinya politik identitas, politik uang, kampanye hitam, penyebaran kabar bohong, dan adanya kemungkinan kecurangan lainnya," katanya.

Menurut Catur berbagai pola pelanggaran tersebut berpotensi mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Bangka Barat.

"Dalam menjaga agar situasi kamtibmas tetap kondusif selama tahapan Pemilu bergulir, dukungan dari instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat juga sangat penting untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat dengan menjaga situasi kondusif di wilayah masing-masing," katanya.

Ia berpesan kepada seluruh personel Polres Bangka barat bersama Polsek jajaran untuk selalu menjaga netralitas pada pelaksanaan Pemilu 2024 guna menjamin pelaksanaan pemilu berjalan demokratis sesuai aturan yang berlaku.

"Kami siap mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 agar berjalan sesuai harapan bersama," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023