Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kepulauan Bangka Belitung menyatakan tujuh kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Babel tanpa penambahan kasus COVID-19 pada Selasa, sehingga total pasien yang masih menjalani karantina tersisa 24 orang.

"Hari ini penambahan lima pasien sembuh dari COVID-19 dan pasien meninggal nihil," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan tujuh kabupaten/kota tanpa penambahan kasus COVID-19 itu adalah Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang, karena kesadaran masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan masih cukup baik.

"Saat ini, masyarakat masih banyak menggunakan masker dalam beraktivitas dan ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat daerah ini," katanya.

Ia menyatakan dengan adanya penambahan lima pasien sembuh dari COVID-19 ini, maka jumlah pasien tersisa menjadi 24 orang tersebar di Bangka Barat (8), Belitung (7), Bangka (5), Bangka Selatan (3) Bangka Tengah (3), dan Kota Pangkalpinang (1).

"Saat ini hanya Belitung Timur tanpa pasien COVID-19, sehingga kabupaten sudah dapat dikategorikan zona hijau COVID-19," katanya.

Menurut dia, kasus penularan dan penyebaran COVID-19 di Kepulauan Babel semakin terkendali. Namun demikian masyarakat diminta terus disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi untuk meningkatkan perlindungan bagi kelompok masyarakat yang paling berisiko, seperti lansia dan pasien tertular virus corona.

"Virus COVID-19 masih ada di sekitar kita, sehingga masyarakat harus tetap mewaspadainya dengan tetap disiplin menjalankan prokes dan vaksinasi," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023