Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu memantau gladi bersih di Jembatan Emas Lintas Timur Pangkalpinang, dalam rangka memperingati upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023. 

"Persiapan rangkaian acara yang dilakukan oleh panitia semakin matang," kata Pj Gubernur Suganda di Pangkalpinang, Rabu. 

Ia mengatakan rangkaian gladi bersih telah dimulai sejak pukul 07.30 WIB. Semua perwakilan peserta upacara yang terdiri dari berbagai stakeholder sudah siap diposisinya masing-masing. Kesibukan tersebut membuat suasana peringatan Hari Lahir Pancasila begitu terasa.

Ia menyatakan turut memantau latihan dan gladi bersih bersama sang istri Maya Suganda Pasaribu, sekitar pukul 10.30 WIB. 

Ia menjelaskan melakukan peninjauan langsung di area jembatan emas, yang akan dilakukan rangkaian acara pembentangan bendera merah putih sepanjang 78 meter, pembagian bendera merah putih kepada masyarakat, pembacaan puisi, dan senam Bedincak. 

Sementara itu pada saat bersamaan, sedang dilakukan latihan senam Bedincak, Pj Gubernur Suganda dan istri pun berbaur untuk mengikuti senam Bedincak bersama-sama para TNI, Polri, ASN, dan pelajar SMA yang merupakan peserta peringatan Hari Lahir Pancasila.

Baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, bendera merah putih raksasa akan terbentang di Jembatan Emas

Kemudian, ia melanjutkan peninjauan ke panggung kehormatan yang lokasinya tak jauh dari Jembatan Emas. Di sana, dirinya berkoordinasi dengan panitia dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Babel, terkait kesiapan acara hingga menyempatkan untuk latihan menjadi Inspektur Upacara.

"Persiapannya sudah 90 persen, nanti tinggal dirapikan sedikit, sehingga pada hari H nanti semuanya sudah sempurna," katanya. 

"Terima kasih kepada semua panitia dan semua unsur-unsur yang terlibat. Mudah-mudahan besok kita dapat merayakan Hari Lahir Pancasila dengan lancar dan bergembira," lanjutnya.

Ia mengharapkan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila ini, ideologi pancasila senantiasa harus ada didalam diri kita, sehingga tumbuh nilai-nilai toleransi, perjuangan, persatuan, dan kesejahteraan dalam sanubari.

"Mudah-mudahan dengan peringatan ini, mengingatkan kita kembali akan cinta kepada negara Republik Indonesia. Dengan dihadiri seluruh kalangan termasuk diantaranya para pelajar, ASN, Forkopimda, pada upacara Hari Lahir Pancasila di Jembatan Emas ini, akan membuat seluruh pihak bersama-sama bergandengan tangan untuk membangun Bangka Belitung yang lebih baik lagi," tutupnya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023