Pemerintah Provisi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemeriksaan kesehatan tahap 3 kepada 1.104 calon haji guna memastikan calhaj sehat untuk menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi.

"Kita bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) segera melakukan pemeriksaan kelayakan kesehatan tahap akhir kepada seluruh calon haji," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan tahap akhir ini sebagai langkah pemerintah provinsi dalam memaksimalkan kesiapan keberangkatan 1,104 calon haji terdiri dari jamaah reguler 999 orang, prioritas lanjut usia 53 orang, pembimbing kelompok bimbingan ibadah haji umrah empat orang, petugas haji daerah sembilan orang dan kuota tambahan 39 orang pada Sabtu (3/6).

Keberangkatan calon haji Provinsi Kepulauan Babel ke embarkasi Palembang Provinsi Sumatera Selatan dibagi tiga kloter yaitu kloter 8 berangkat Sabtu (3/6), kloter 9 pada Minggu (4/6) dan kloter 10 berangkat Senin (5/6).

"Kegiatan bertujuan supaya calhaj yang akan diberangkatkan dari Asrama Haji Babel menuju Embarkasi Palembang dapat dipersiapkan dengan maksimal dan dinyatakan layak berangkat," katanya.

Kepala KKP Kelas III Pangkalpinang dr Bangun mengatakan berdasarkan Permenkes Nomor 62 Tahun 2016, KKP selaku perwakilan Kementerian Kesehatan bertindak sebagai koordinator dalam pemberangkatan jamaah haji.

"Sebelum calhaj diberangkatkan menuju Embarkasi Palembang, kami harus memastikan calon jamaah haji sudah dalam kondisi sehat dan kami tidak akan memberikan rekomendasi berangkat kepada calhaj terkena gagal ginjal, orang yang sedang hamil," katanya. 

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023