Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memperkenalkan jurus 3G untuk mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kepada para pelaku usaha yang ada di Kota Pangkalpinang.

Ia menyebutkan konsep 3G yang harus dijalankan para pelaku UMKM, yaitu Gercep atau gerak cepat, Geber atau gerak bersama dan Gaspol atau garap semua potensi online.

"Untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional, pelaku UMKM dan Ekraf di Pangkalpinang harus menjalankan konsep 3G seperti yang saat ini dijalankan sektor pariwisata," kata Sandiaga saat membuka kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kota Pangkalpinang, Sabtu (3/6).

Ia mengatakan, pelaku UMKM harus dapat menciptakan dan manfaatkan peluang, termasuk menerapkan konsep 3 SI, yaitu terus berinovasi, adaptasi dan kolaborasi. Semuanya merupakan kontribusi dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi dengan konsep 3G yaitu Gercep, Geber, dan Gaspol,” kata Sandiaga ke pelaku ekonomi kreatif

Menurutnya jika pelaku UMKM mau bisa sukses, maka mereka harus gerak cepat dalam mempromosikan produknya, para pelaku usaha juga harus bergerak bersama dan jangan sendiri-sendiri, termasuk menggarap potensi online untuk menciptakan lapangan kerja.

"Sehingga agar usaha UMKM kita bisa maju, maka ke depan harus tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," katanya.

Menurutnya Pangkalpinang bukan hanya mempunyai daya tarik wisata saja, tetapi juga memiliki produk - produk ekonomi kreatif.

"Workshop ini merupakan komitmen kita dari Kemenparekraf dan bekerjasama dengan Pemkot Pangkalpinang untuk mengembangkan produk-produk ekonomi kreatif," ujarnya.

Workshop di Pangkalpinang merupakan lokasi 13 dari 35 provinsi yang akan dilaksanakan kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023