Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengenalkan nilai-nilai sejarah perjuangan Kemerdekaan RI melalui kegiatan Napak Tilas Bung Karno di Mentok.

"Kegiatan napak tilas ini kami lakukan untuk mengenang sekaligus mengenalkan kembali sejarah yang pernah ada di Mentok, khususnya peristiwa masa pengasingan para proklamator dan pejuang Republik (Indonesia, red.) medio 1948-1949," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Muhammad Ali di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan itu dengan jalan kaki dari Pesanggrahan Bangka Tin Winning (Wisma Ranggam) menuju Menara Suar di Pantai Tanjungkalian digelar pada Minggu (18/6), mengusung tema "Kenang-Kenang Membawa Kemenangan".

"Napak tilas ini untuk mengenang kembali peristiwa piknik bersama yang dilakukan Soekarno dan para pejuang Republik (Indonesia, red.) waktu itu, mereka juga melakukan jalan kaki bersama warga setempat," katanya.

Napak tilas sejarah merupakan kegiatan tahunan Pemkab Bangka Barat yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat untuk membangkitkan semangat atas peristiwa bersejarah di daerah itu, agar nilai-nilai yang terkandung di dalamnya bisa dijadikan bekal pengetahuan masyarakat, khususnya generasi muda.

"Kabupaten Bangka Barat, khususnya Mentok, memiliki banyak peninggalan sejarah dan sudah dinobatkan sebagai salah satu 'Kota Pusaka' di Indonesia, kami harapkan melalui kegiatan ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan," katanya.

Pada kegiatan jalan kaki dengan menempuh jarak sekitar 12 kilometer tersebut, panitia menyiapkan sejumlah hadiah menarik, baik untuk kategori umum maupun pelajar, berupa piala, piagam, dan uang tunai puluhan juta rupiah.

Persyaratan peserta lomba bisa dilihat melalui media sosial Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat atau calon peserta datang langsung ke kantor Disparbud Bangka Barat.

Pendaftaran mulai 1-17 Juni 2023 pada jam kerja di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Barat atau menghubungi panitia di nomor telepon 0821 7765 3114.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023