Sebanyak 26 pelaku industri kecil menengah (IKM) dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengikuti sosialisasi “Salam Kenal”  yang digelar oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah dan Promosi Kemasan (RPK) Dinas Perndustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Sosialisasi tersebut mengundang  dua narasumber tenaga ahli dari UPTD RPK Babel yaitu Yulizar dan Flori Astuti dan di hadiri oleh Kapala OPD Basel serta pihak perbankan dan BUMD yang ada di Basel.

Pada saat membuka acara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Selatan Muhammad Iqbal dalam sambutannya meminta pelaku usaha IKM dan UMKM Basel dan OP terkait untuk dapat meningkatkan kualitas kemasan, dengan memanfaatkan keberadaan UPTD. Rumah dan Promosi Kemasan Provinsi Babel.

"Saya meminta para pelaku usaha dan instansi yang hadir untuk dapat meningkatkan kualitasnya, memanfaatkan keberadaan UPTD RPK dan berharap RPK mempunyai perpanjangan tangan di Kabupaten Bangka Selatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung Tarmin menjelaskan kehadiran klinik kemasan yang sudah ada dari tahun 2013, dilanjutkan dengan pembentukan UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan pada pertengahan tahun 2020.

Saat ini, UPTD RPK sudah memiliki lima program pelayanan utama yakni konsultasi, desain, promosi, produksi dan edukasi. dengan layanan unggulannya berupa fasilitasi desain dan cetak tanpa minimal pemesanan. 

"Oleh sebab itu, kehadiran UPTD RPK ini diharapkan mampu menjawab kendala pelaku industri terhadap upaya peningkatan kualitas kemasan produk," ujarnya.

Ia menegaskan dengan berakhirnya status pandemi COVID-19, aktifitas pasar kembali tumbuh dengan signifikan. permintaan pasar kembali bergejolak, kegiatan-kegiatan pemasaran yang selama ini terhenti, kembali dilaksanakan lagi.  Namun dengan begitu, tanpa kita sadari pertumbuhan pasar modern yang terjadi di sekitar kita juga berkembang dengan pesat.

"Perlu adanya perubahan kemasan pada produk IKM dan UMKM yang ada saat ini sehingga bisa lebih di lirik oleh konsumen, mampu bersaing dan menjawab permintaan pasar pada saat ini dan terkait kemasan silahkan berkonsultasi dan memanfaatkan jasa UPTD RPK Provinsi Babel yang memiliki fasilitas yang sangat baik," katanya.

Ketua Pelaksana Kegiatan Yossie Riestu Pradhifta menuturkan maksud sosialisasi ini untuk  memberikan informasi mengenai keberadaan UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan Babel serta membuka pandangan mengenai pentingnya kemasan bagi IKM dan  UMKM di Kabupaten Bangka Selatan.

"Sedangkan tujuan dari sosialisasi ini untuk mengembangkan kualitas kemasan produk IKM dan UMKM di Bangka Selatan serta menjalin kerjasama dengan stakeholder terkait,"  ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023