Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pengawasan terhadap tahapan pemutakhiran data pemilih di daerah itu guna menjamin hak pilih masyarakat dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Bawaslu Belitung terus konsisten melakukan pengawasan terhadap proses tahapan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Belitung Timur, Haris Alamsyah di Manggar, Kamis. 

Ia mengatakan pengawasan tersebut bertujuan guna memastikan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang.

Menurut dia, saat ini tahapan pemutakhiran data pemilih telah sampai pada tahapan pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir di tingkat kecamatan setempat.

"Artinya tinggal selangkah lagi di tingkat kabupaten akan melakukan rapat Pleno DPSHP akhir guna menuju ke penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT)," ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta agar Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dapat menjalankan pengawasan dengan cermat.

"Kami mengingatkan Panwascam juga supaya terus melakukan pencermatan di lapangan guna memastikan seluruh pemilih di Belitung Timur masuk ke dalam DPSHP akhir tersebut," katanya.

Dirinya juga meminta pengawas agar memastikan jika ada pemilih yang tidak memenuhi syarat atau TMS dikarenakan kemungkinan bisa terjadi dalam perjalanan waktu menuju pleno tingkat kabupaten.

Haris menegaskan, aturan terbaru pengawas pemilu dalam mengawasi harus sesuai dengan fakta di lapangan atau "de jure".

"Contoh orang yang meninggal dan pindah jiwa ini harus kita pastikan betul, apakah mereka sudah memiliki akta kematian ataupun bukti pindah jiwanya mereka," ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan informasi terakhir dari Ketua KPU Kabupaten Belitung Timur pleno DPSHP akhir tingkat kabupaten akan digelar pada Selasa (20/6) mendatang mendatang.

Ia meminta bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih agar dapat segera melapor ke kantor Bawaslu Belitung Timur.

"Kami juga telah membuka posko terkait pengaduan apabila masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023