Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Hilirisasi Industri Timah dengan mengundang seluruh stakeholder dan pengusaha yang membidangi pertimahan.

Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Babel Sunardi mengatakan, proses industri timah batangan sudah on the track namun masih perlu ditingkatkan menjadi produk hilirisasi industri timah lainnya seperti tin plate, tin chemical, tin bar, tin shote, tin sheet dan lain sebagainya.

"Ini akan memberi manfaat besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Babel dan secara ekonomi, hilirisasi timah batangan akan meningkat tiga kali sampai empat kali lipat dan secara bisnis ini tentunya akan sangat menguntungkan," kata Sunardi dalam sambutannya, Kamis siang.

Menurutnya hilirisasi timah batangan menjadi hal penting yang harus dilakukan karena hilirisasi merupakan suatu ekosistem industri yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi, peningkatan nilai investasi, pemerataan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Sunardi berharap di rakor ini semua perusahaan industri wajib komitmen bersama-sama untuk membangun dan mengembangkan hilirnya industri timah batangan dengan berbagai bentuk jenis produk lainnya sesuai dengan kebutuhan pasar industri.

Selan itu, kolaborasi seluruh stakeholder terkhusus melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperindag) RI agar mendorong percepatan fasilitasi teknologi dan insentif terhadap teknologi yang digunakan untuk hilirisasi dan penciptaan industri manufaktur atau pabrikasi berbasis bahan baku timah batangan, peningkatan penggunaan timah batangan melalui Tingkat Komponen Dalam Negeri serta menjembatani hambatan hilirisasi industri timah batangan.

"Melalui Bank Indonesia, kami berharap perusahaan industri didukung oleh kebijakan kemudahan pembiayaan dan perpajakan pembangunan industri dengan teknologi tinggi dan berbunga ringan," katanya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023