Pengurus Provinsi E-Sport Bangka Belitung menyelenggarakan Kejuaraan Daerah (Kejurda) E-sport tingkat provinsi yang didukung oleh PLN sebagai sponsorhip.

Kejurda yang dilaksanakan pada 16 hingga 18 Juni di Aula PLN UP3 Bangka tersebut diikuti sebanyak 150 peserta dengan empat game yang diperlombakan yakni PUBG, Mobile Legends, Loka Pala, Football dan Free Fire.

Ketua Pengprov E-sport Babel, Imam Santoso, Jumat, mengatakan Kejurda pertama yang dilaksanakan ini untuk mempersiapkan atlet, pada PON 2024 dan Porwil 2023 di Pekanbaru, Riau. 

"Para peserta yang lulus seleksi ini dipersiapkan untuk mengikuti PON dan Porwil. Jadi nanti mereka akan bertanding di PON maupun Porwil mewakili Babel pada Free Fire, ML, Football dan PUBG," ujar Kabinda Babel ini.

Pengprov E-sport Babel menargetkan akan menyikat habis empat jenis game Free Fire, ML, Football, dan PUBG pada PON atau Porwil mendatang.

"Bismillah, saya yakin anak-anak Babel luar biasa, kita targetkan empat emas game tersebut," ucapnya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Babel, Ricky Kurniawan mengatakan, Kejurda E-sport ini paling mewah dan paling lengkap Forkompimda yang hadir. Game ini, kata dia, bukan sekedar game, tapi game ada hal positifnya.

Baca juga: 150 peserta ikuti Kejurda Esport Babel 2023

"Arah kita positif, kita bisa meningkatkan jam terbang dan seleksi menuju Porwil Riau dan seleksi menuju PON. Apakah anda mewakili Babel atau Indonesia ke depan. Optimis semangat terus, sportifitas dijaga," ujar Ricky.

Pj Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu menuturkan, Pemprov Babel mendukung kegiatan ini diharapkan ada atlet Babel melesat ke tingkat nasional atau internasional.

"Kita daerah kepulauan ini adalah anak-anak yang cerdas, karena game ini membutuhkan intelejensi yang kuat," kata Suganda.

Sementara itu, General Manajer PLN UIW Bangka Belitung, Mohammad Munief Gunawan mengatakan untuk Kejurda E-Sport ini, PLN memberikan dukungan dengan menyediakan fasilitas lengkap, salah satunya fasilitas internet dengan kecepatan 100 mbps dari Iconnet.

"Kebetulan di sini ada tempat yang memadai. Tempat ini tidak hanya ruangan saja, tetapi juga difasilitasi dengan kapasitas internet yang sangat besar yang merupakana optimalisasi dari kabel bawah laut Sumatera dengan kecepatan 100 mbps," katanya.

Ia berharap dengan dilaksanakannya Kejurda ini melahirkan atlet-atlet E-Sport yang dapat membawa nama Bangka Belitung di kejuaraan tingkat nasional.

"Yang pasti kami akan memfasilitasi kegiatan ini agar Kejurda E-Sport ini bisa bisa berjalan lancar dan juga bisa memperkenalkan bahwa PLN sudah mempunyai produk internet yaitu iconnet," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023