Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan akan memotong 30 ekor lebih sapi kurban pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah.

"Lebih dari 30 ekor sapi kurban yang akan dipotong pada perayaan Idul Adha tahun ini," kata Wakil Bupati Bangka Syahbudin di Sungailiat, Sabtu.

Dia mengatakan puluhan ekor sapi kurban tersebut dihimpun dari kurban pegawai di masing - masing organisasi perangkat daerah.

"Penyembelihan sapi kurban dari pegawai pemerintah Kabupaten Bangka sudah menjadi agenda rutin yang setiap tahun diselenggarakan," ujarnya.

Baca juga: Bangka Barat latih juru sembelih hewan kurban

Sedangkan waktu penyembelihan sapi kurban, kata Wabup,  sesuai kesepakatan hasil rapat ditetapkan pada Sabtu, 1 Juli 2023 atau di hari ketiga lebaran.

"Tahun ini penyembelihan sapi kurban disepakati di hari ketiga lebaran atau tidak seperti biasanya di hari kedua lebaran, dengan pertimbangan di hari kedua lebaran tepat di hari Jumat dianggap waktu yang mepet," jelas Wabup.

Dia mengatakan daging hewan kurban yang terkumpul akan dibagikan kepada pegawai di lingkungan Pemkab Bangka, termasuk pula  sebagian daging disisihkan untuk masyarakat yang berhak menerimanya.

"Semoga sapi kurban dari pegawai menjadi keberkahan bagi kita semua, ini merupakan bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT, bagaimana kita memiliki semangat untuk berkurban dan saling berbagi bersama kepada masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Baca juga: Babel pastikan stok hewan kurban cukup

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023