Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemantauan stok berbagai bahan pangan pokok di sejumlah pasar tradisional menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Pemantauan langsung oleh para petugas ini kami laksanakan untuk memastikan kebutuhan bahan pokok dan barang penting mencukupi kebutuhan masyarakat di seluruh kabupaten dan kota di Babel," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Jumat.

Berdasarkan pemantauan sementara di sejumlah pasar tradisional di Kota Pangkalpinang dan laporan dari para petugas di tingkat kabupaten, secara umum kebutuhan pokok dan bahan penting lainnya di Babel masih cukup aman.

Selain ketersediaan beras yang dipastikan masih bisa mencukupi kebutuhan hingga setelah Idul Adha, pihaknya juga telah merencanakan untuk melakukan operasi pasar di beberapa tempat.

Disperindag Babel bersama dengan Perum Bulog, Kantor Pos, Polda Babel dan sejumlah instansi terkait lainnya secara berkala mengadakan operasi pasar sebagai upaya pengendalian inflasi.

"Operasi pasar telah kami siapkan dan secara rutin kita gelar setiap menjelang hari raya untuk membantu warga memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok," katanya.

Terkait dengan harga berbagai bahan pokok dan barang penting lain, seperti tepung terigu, gula pasir, beras, minyak goreng saat ini harga masih stabil dan stok cukup.

"Kami temukan ada beberapa barang yang harganya naik, namun masih dalam batas kewajaran, seperti cabai rawit merah yang sebelumnya sempat naik dari Rp65 ribu menjadi Rp68 ribu, tapi hari ini mulai turun lagi di Rp60 ribu per kilogram," katanya.

Untuk daging sapi dan daging ayam, kata dia, saat ini harga masih stabil dan di bawah harga eceran tertinggi yang sudah ditetapkan, yaitu Rp30 ribu untuk ayam utuh, sedangkan untuk ayam bersih dijual dengan harga antara Rp38 ribu sampai Rp40 ribu per kilogram.

Untuk harga bawang merah Rp40 ribu hingga Rp44 ribu/kilogram, bawang putih Rp36 ribu, bawang bombai Rp34 ribu hingga Rp36 ribu, ikan kembung Rp55 ribu sampai Rp60 ribu, dan udang Rp55 ribu per kilogram.

Disperindag Babel juga memantau stabilisasi harga dengan mengecek ketersediaan bahan pangan pokok di pasar, gudang, distributor dan agen yang ada di wilayah tersebut.

"Kita mengimbau kepada pelaku usaha perdagangan untuk tidak mengambil kesempatan menaikkan harga bahan pokok terlalu tinggi karena merugikan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023