Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupaya mengoptimalkan peran aktif warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Pemberdayaan masyarakat dalam upaya bersama menjaga keamanan dan ketertiban ini penting untuk membantu tugas Polri," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Sabtu.

Pembentukan satuan keamanan lingkungan yang dalam beberapa waktu terakhir terus dilakukan Polres Bangka Barat merupakan salah satu upaya Polri untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban tetap terjaga kondusif.

"Semoga awak satuan keamanan lingkungan tetap semangat dan semakin optimal dalam membantu tugas dan fungsi Kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat," katanya.

Baca juga: Polsek Jebus pantau aktivitas tempat hiburan malam

Satuan keamanan lingkungan yang dibentuk diharapkan mampu bekerja sesuai aturan dan penuh dedikasi dalam menjaga kamtibmas secara swakarsa sebagai salah satu prasyarat utama dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan nasional.

Kapolres berpesan agar para awak satuan keamanan lingkungan terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Hal ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri Presisi, khususnya pada kebijakan transformasi operasional program peningkatan peran aktif dan pemantapan pembinaan pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerja masing-masing.

Pamswakarsa juga telah diatur dalam Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

Baca juga: Polres Bangka Barat siapkan 68 Polisi RW

Untuk menumbuhkan semangat peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan sekaligus memeriahkan perayaan ulang tahun ke-77 Bhayangkara, Polres Bangka Barat juga telah menggelar lomba poskamling dan Poskamling Air Sikaw Desa Mislak, Kecamatan Jebus, berhasil menjadi yang terbaik.

Melalui lomba tersebut diharapkan poskamling terus bertumbuh di setiap dusun dan warga selalu aktif menjalankan ronda secara bergiliran setiap hari guna menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Peran aktif warga merupakan garda terdepan dalam menjaga kamtibmas, kami berharap pola kerja sama ini bisa mencegah potensi kejahatan, menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan, serta menyelesaikan beberapa masalah yang sering muncul di tengah hidup bermasyarakat demi kenyamanan bersama," katanya.

Baca juga: Cegah kecelakaan lalu lintas, Polres Bangka Barat gelar patroli malam

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023