Pengurus Muhammadiyah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan Salat Idul Adha 1444 Hijriah pada pada Rabu (28/6) besok.

Sekretaris II Masjid Baitul Ummah Sungailiat, Bangka, Yogi di Sungailiat, Selasa, mengatakan pelaksanaan salat Idul Adha 1444 hijriah ditetapkan pada Rabu, 28 Juni 2023, berdasarkan ketetapan Pengurus Pusat Muhammadiyah.

"Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kota Sungailiat, Bangka, dipusatkan di Masjid Baitul Ummah mulai pukul 07.00 WIB, sarana dan prasarana shalat sudah di siapkan panitia shalat pada pukul 07.00 WIB seperti tenda juga sudah dipasang," jelasnya.

Yogi menjelaskan untuk petugas khotib sekaligus imam Salat Idul Adha  akan diisi oleh Ustad Fadillah Sabri yang juga merupakan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Bangka Belitung.

Pengalaman dari tahun sebelumnya kata dia, panitia masjid telah mengantisipasi jamaah yang shalat yang diperkirakan sampai  memakan badan jalan utama.

Untuk mendukung kelancaran dan keamanan Salat Idul Adha, pihaknya telah mengirim surat ke Polres Bangka, izin menggunakan badan jalan guna mengantisipasi membludaknya jamaah salat.

Sedangkan pemotongan hewan kurban, kata Yogi, dilakukan pada hari yang sama setelah Salat Idul Adha sebanyak 10 ekor sapi dan empat ekor kambing, jumlah tersebut kemungkinan dapat bertambah pada hari pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023