Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ansori meyakini pencabutan status darurat pandemi COVID-19  menjadi endemi oleh pemerintah pusat akan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

"Kami meyakini dengan dicabutnya status darurat pandemi COVID-19 akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah," katanya di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut di, beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo telah mencabut status darurat pandemi COVID-19 di Indonesia menjadi endemi.

Dikatakan dia, tentunya ini menjadi hal baik dan berdampak mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah.

"Sehingga tahun ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya dimana kita dibayangi dengan pandemi COVID-19 namun saat ini kita diberikan kebebasan sepenuhnya," ujar dia.

Oleh karena itu, situasi ini harus dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dengan sebaik mungkin dalam mendorong percepatan pembangunan guna mencapai kesejahteraan masyarakat.

DPRD Belitung mendorong agar pemerintah daerah dapat menarik investasi sebanyak-banyaknya ke daerah sehingga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

"Dua sektor andalan Belitung saat ini bagaimana pariwisata dan ekonomi kreatif serta kelautan dan perikanan harus mendapatkan sentuhan pengembangan dan pembangunan," katanya.

Ia mengatakan, sejumlah sektor yang selama ini pembangunannya terhambat oleh pandemi COVID-19 harus mampu dikembangkan lebih lanjut.

"Pemerintah daerah harus mendorong agar realisasi pembangunan di daerah dapat segera terwujud," ujarnya.

Dengan demikian, pencabutan status pandemi COVID-19 menjadi endemi agar dapat saling bahu-membahu bekerja keras dalam upaya membangun daerah.

"Serta hal yang paling terpenting adalah bagaimana kita mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga dalam menangani bencana non alam lalu yakni pandemi COVID-19," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023