Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyerahkan bantuan kapal untuk Nelayan Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 26 unit pada Selasa(4/07) saat melakukan kunjungan kerja di Kampung Nelayan 1, Sungailiat, Kabupaten Bangka pada Selasa (04/07/2023).

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat nelayan dan meningkatkan pendapatan mereka para nelayan, "kata Tri Rismaharini ketika memberikan bantuan Kapal secara simbolis kepada Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Sungailiat, Selasa (4/07).

Disampaikannya untuk Kabupaten Bangka Selatan menerima bantuan 26 Unit kapal tangkap ikan 5 GT senilai Rp6.743.102.250,-sebagai salah satu langkah upaya nyata pemerintah dalam mendukung sektor perikanan di Kabupaten Bangka Selatan.

"Kapal-kapal baru yang diberikan akan memungkinkan nelayan untuk melaut dan menangkap ikan dengan lebih efisien. Ini akan meningkatkan kapasitas mereka dalam menangkap hasil laut yang melimpah, sehingga berdampak positif terhadap penghasilan dan kesejahteraan nelayan,"kata dia.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat nelayan agar belajar meningkatkan strategi pemasaran sebab pemasaran yang baik sangat penting untuk meningkatkan daya saing produk perikanan.

"Nelayan perlu memahami tuntutan pasar, tren konsumen, dan memanfaatkan teknologi informasi untuk memasarkan hasil tangkapan mereka,"katanya.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid saat menerima bantuan berharap dengan adanya bantuan ini hasil produksi perikanan Kabupaten Bangka Selatan akan memiliki nilai daya saing yang tinggi. Masyarakat nelayan akan mampu memasarkan produk mereka secara efektif.

"Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka. Selain itu, potensi ekonomi lokal akan terstimulasi melalui pembentukan koperasi dan pengembangan kerajinan serta produksi rumah tangga yang terkait dengan sektor perikanan,"kata dia.

Politisi Muda PDIP Bangka Selatan ini mengatakan melalui inisiatif dan bantuan dari Menteri Sosial Ibu Risma, Kabupaten Bangka Selatan juga diharapkan dapat menjadi contoh yang sukses dalam pengembangan sektor perikanan.

"Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat nelayan akan menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai peningkatan yang signifikan dalam sektor ini. Semoga langkah-langkah ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi nelayan dan masyarakat Kabupaten Bangka Selatan secara keseluruhan,"harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023