Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), memberikan sejumlah pelatihan keterampilan untuk mendorong para pemuda memiliki keberanian berwirausaha.

"Kali ini kita gelar pelatihan kerja dengan tiga kompetensi yaitu pelatihan keterampilan perbaikan pendingin udara, kelistrikan, dan perbengkelan, yang diikuti 36 peserta, dan semuanya merupakan warga Kabupaten Bangka Barat yang sebelumnya sudah melalui proses verifikasi," kata Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPMPPTSP Nakertrans) Kabupaten Bangka Barat Yuwanda Eka Putra di Mentok, Kamis.

Kegiatan pelatihan kerja berlangsung selama satu bulan mulai pertengahan Juni hingga Juli 2023.

Ia menjelaskan pelatihan perbengkelan dikhususkan untuk bongkar pasang perbaikan mesin sepeda motor, sedangkan pelatihan perbaikan alat pendingin udara dan kelistrikan dimulai dari teknik dasar hingga terampil.

Setelah para peserta menyelesaikan serangkaian pelatihan yang diberikan, mereka akan mendapatkan surat keterangan telah mengikuti pelatihan kerja di DPMPPTSP Nakertrans Kabupaten Bangka Barat.

Para peserta juga akan difasilitasi dengan pakaian praktik, modul pelatihan, konsumsi, serta fasilitas penginapan bagi peserta yang jauh.

"Mereka sudah diberikan ilmu dan dibimbing oleh para instruktur berpengalaman di bidang masing-masing. Kami berharap mereka setelah selesai pelatihan ini bisa menjadi pelaku usaha yang tangguh dan mandiri," katanya.

Selain mendorong agar para peserta nantinya mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, Pemkab Bangka Barat juga akan membantu pembuatan izin usaha.

Tahun ini BLK Bangka Barat juga akan menggelar pelatihan kerja khusus untuk kompetensi konstruksi baja ringan dan teknik pengelasan yang rencananya digelar pada Agustus 2023.

"Untuk pelatihan keterampilan konstruksi baja ringan dan teknik pengelasan ini kita belum memiliki instruktur, sehingga harus menunggu waktu sela instruktur BLK Provinsi Babel. Mereka baru bisa di Agustus," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023