Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan uji petik pengawasan atas skema kesehatan adaptif dan sistem pengendalian penyakit di Kabupaten Bangka Tengah.

"Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mengawal pelaksanaan skema kesehatan adaptif untuk melihat sejauh mana kesiapan pemerintah daerah dalam melakukan upaya penanganan krisis kesehatan dan pengawalan pelaksanaan program pemerintah daerah dalam mengatasi isu pencegahan dan pengendalian penyakit," kata anggota Tim Auditor BPKP Provinsi Babel Vellin di Pangkalpinang, Sabtu.

Fokus utama pengawasan yang dilakukan Tim Auditor BPKP Babel adalah untuk memastikan skema kesehatan adaptif diterapkan secara efektif di daerah.

Skema kesehatan adaptif merupakan desain kebijakan pelayanan sistem kesehatan terjangkau dan berkualitas yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Pengawasan ini antara lain mencakup kesiapan cadangan kesehatan di daerah, kemampuan tenaga kesehatan dalam menghadapi external shocks, sarana prasarana untuk mobilisasi tenaga kesehatan dan logistik, serta implementasi pelaksanaan penanganan bencana klaster kesehatan.

Di samping itu, Tim Perwakilan BPKP Babel juga melakukan pengawasan terhadap penguatan sistem pengendalian penyakit, karena banyaknya ancaman kesehatan di lingkungan masyarakat dan ancaman penyakit menular, penting bagi pemerintah daerah untuk memiliki kesiapsiagaan dalam merespons kegawatdaruratan kesehatan masyarakat.

"Dalam hal ini, tim melakukan evaluasi terhadap desain kebijakan, kecukupan ketersediaan sarana pendukung surveilans, kecukupan ketersediaan obat, vaksin, serta pelaksanaan program imunisasi," ujarnya.

Kegiatan evaluasi ini guna mendukung kesiapan pemerintah daerah pada proses perencanaan, pelaksanaan, alokasi dan kecukupan sumber daya dalam menghadapi kejadian darurat krisis kesehatan serta untuk mengawal program pemerintah dalam mengatasi isu pencegahan dan pengendalian penyakit di Babel.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023