Sebanyak 67 atlet asal Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan mengikuti Kejuaraan Pelajar Daerah (Kejurda) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023 yang berlangsung di Pangkal Pinang pada, 11-14 Juli mendatang.

"Total jumlah atlet yang akan mengikuti ajang Kejurda Pelajar tahun 2023 sebanyak 67 orang dan jumlah pelatih 12 orang," kata Ketua Kontingen Kejurda Pelajar Kabupaten Belitung, Nico Adriano di Tanjung Pandan, Sabtu.

Ia mengatakan, sebanyak 67 atlet tersebut akan turun di tujuh cabang olahraga seperti atletik, senam, taekwondo, karate, renang, panjat tebing, dan panahan.

"Mereka akan turun di sebanyak 85 nomor cabang olahraga yang diikuti," ujarnya.

Nico menambahkan, tujuan pelaksanaan Kejurda Pelajar tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023 merupakan ajang kompetisi pelajar di Bumi Serumpun Sebalai dalam memperebutkan tiket menuju ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

Selain itu, kata Nico, Kejurda Pelajar adalah sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi olahraga pelajar sebagai bagian dari pendidikan jasmani dan kesehatan melalui kompetisi yang sehat dan sportif.

"Kejurda juga bertujuan untuk melahirkan bibit-bibit olahragawan berbakat yang pada saatnya nanti melalui pembinaan secara intensif akan menjadi duta-duta olahraga Belitung baik di tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Dikatakan dia, sebelum mengikuti kejurda para atlet telah mendapatkan pelatihan dan pembinaan secara maksimal.

Dirinya menargetkan dapat memberikan hasil yang terbaik serta mengharumkan nama daerah dalam ajang tersebut.

"Kami siap memberikan yang terbaik dan menjaga nama baik daerah," ujarnya.

Asisten Administrasi Umum Setda Pemkab Belitung, Suksesyadi berharap agar kontingen Kejurda Pelajar Belitung di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat memberikan hasil yang terbaik dan maksimal.

"Saya harap nanti kita bukan sekedar menjadi pemenang namun mampu meningkatkan kualitas atlet dan dunia olahraga di Kabupaten Belitung sehingga menjadi lebih baik terutama para atlet yang masih muda karir masih panjang untuk dikembangkan ke depannya," demikian Suksesyadi.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023