PT Timah Tbk bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Air Mesu Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar bazar durian, sebagai langkah mengembangkan potensi dan ekonomi masyarakat di daerah itu.

"PT Timah Tbk mendukung penuh kegiatan bazar durian ini, agar potensi buah-buahan lokal ini semakin berkembang dan dikenal masyarakat luas," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan bazar durian lokal digelar 13 hingga 15 Juli 2023 di Desa Air Mesu ini, sebagai upaya perusahaan untuk mendukung potensi desa.

"Selama ini Desa Mesu dikenal sebagai salah satu desa penghasil durian di Pulau Bangka, sehingga pada saat musim durian Pokdarwis Air Mesu Lestari menggelar bazar durian di Lapangan Bola Mesu," katanya.

Ketua Panitia Bazar Durian Muhammad Rizki Romadhon Putra Kelana mengatakan selain bazar durian juga dilaksanakan kontes durian lokal, dan juga lelang durian.

“Alhamdullilah pada tahun ini event ini dapat terlaksana kembali. Sempat terhenti beberapa tahun, karena faktor cuaca yang kurang mendukung, sehingga mengakibatkan buahnya kurang bagus dan hasilnya juga kurang maksimal," katanya.

Menurut dia potensi durian di Desa Mesu sangat luar biasa, karena banyak masyarakat yang memiliki kebun durian dan menjadi ciri khas desa ini," katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, karena awalnya hanya kecil - kecilan. Semula mereka menduga minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini kurang, ternyata kebalikannya.

"Antusiasme warga kami sangat luar biasa dengan adanya event ini, dimana target kami ada sekitar tiga puluh stand, malah minat para peserta itu bisa dua kali lipatnya," katanya.

Kepala Desa Air Mesu Fajri turut mengapresiasi kontribusi yang diberikan oleh PT Timah Tbk untuk masyarakatnya.

“Terima kasih PT Timah Tbk, telah berperan serta dalam kegiatan bazar durian di desa ini dan semoga kedepan PT Timah Tbk dapat terus mensupport kegiatan ini, karena ini merupakan langkah awal kami untuk mengubah keadaan, dimana dulunya kegiatan ini berupa sedekah durian menjadi bazar durian," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023