PT Timah Tbk menargetkan tahun ini dapat menenggelamkan 1.920 terumbu karang buatan atau artificial reef di perairan Pulau Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai langkah konkrit perusahaan menjaga ekosistem lingkungan laut.

"Pada tahun ini, PT Timah Tbk akan menenggelamkan 1.920 artificial reef di 11 titik perairan Pulau Bangka," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan reklamasi yang berkelanjutan merupakan langkah konkrit yang dilakukan PT Timah Tbk untuk menjaga ekosistem lingkungan. Perusahaan mengimplementasikan kaidah penambangan yang baik dan mengedepankan aspek pelestarian lingkungan dalam melaksanakan penambangan.

"Dalam melaksanakan reklamasi laut ini, PT Timah Tbk melibatkan akademisi, nelayan dan masyarakat sekitar sebagai upaya pemberdayaan masyarakat pesisir," ujarnya.

Menurut dia, PT Timah sangat concern terhadap pengelolaan lingkungan, sehingga dalam pelaksanaannya melibatkan berbagai pihak untuk melakukan reklamasi yang nantinya diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

"Saat ini, PT Timah telah menenggelamkan ratusan terumbu karang buatan dari target 1.920 terumbu karang buatan tahun ini," katanya.

Ketua Nelayan Desa Gemuruh Kabupaten Bangka, Idrus sangat mendukung reklamasi laut yang dilakukan oleh PT Timah Tbk, karena memberikan dampak secara langsung bagi nelayan.

“Saya merasa senang dan sangat mendukung penenggelaman terumbu karang buatan dan program lainnya seperti restocking bibit kepiting bakau, karena nantinya akan memberikan dampak yang positif bagi kami nelayan," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023