Wakil Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak warga melakukan donor darah secara rutin dan berkala untuk membantu para pasien yang membutuhkan transfusi darah.

"Sampai saat ini ketersediaan darah di rumah sakit masih belum mampu memenuhi kebutuhan pasien, kami berharap warga bisa menjadi sukarelawan donor darah dan melakukannya secara teratur berkelanjutan," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Jumat.

Selain membangun sikap peduli terhadap sesama, donor darah juga terbukti meningkatkan kesehatan bagi tubuh pendonor sekaligus bermanfaat untuk kemanusiaan.

"Kami juga mengajak instansi untuk berperan aktif membantu pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan darah di RSUD Sejiran Setason, Mentok dengan menggelar aksi donor darah secara berkala," ujarnya.

Menurut dia, selama ini sudah ada beberapa instansi pemerintah dan perusahaan yang secara berkala menggelar donor darah, seperti Kepolisian, Kodim, PT Timah dan lainnya.

"Kemarin kita juga menggelar aksi ini bersama PT Timah Tbk yang diikuti puluhan karyawan, para pegawai, anggota Kepolisian dan warga. Kegiatan itu sangat positif karena kebutuhan darah saat ini masuk dalam kategori sangat tinggi dan dibutuhkan oleh masyarakat. Ada beberapa kasus yang memang kita kekurangan stok darah," katanya.

Ia berharap, kegiatan serupa terus dilakukan secara berkelanjutan agar membantu mencukupi kebutuhan darah bagi pasien di Kabupaten Bangka Barat.

Dalam urusan persediaan darah, Pemkab Bangka Barat melalui Palang Merah Indonesia telah mencoba membentuk posko-posko di setiap kecamatan, desa dan kelurahan untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi jika sewaktu-waktu ada pasien yang membutuhkan donor.

"Kita juga akan melakukan pendataan kepada warga agar bisa membantu menjadi pendonor yang bisa sewaktu-waktu dihubungi," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023