Pangkalpinang (Antara Babel) - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo prihatin karakter kejujuran generasi muda meluntur, karena mereka lebih senang mencari jalan pintas dan instan.

"Ini menjadi keprihatinan kita bersama, karena banyak generasi muda tidak lagi menghargai proses dalam mencapai tujuan dan cita-citanya," kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat membuka Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-36 di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan generasi muda lebih senang mencari jalan pintas, selalu berorientasi hasil yang instan, cepat saji, cepat santap dan cepat dinikmati.

"Saat ini banyak generasi muda penerus bangsa ini menanggalkan  karakter kejujuran, sebagai dampak perkembangan teknologi dan globalisasi yang pesat," katanya.

Menurut dia generasi yang ingkar kepada kejujuran akan menjadi generasi koruptif, serakah dan tamak.

"Ini akan menghancurkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Ia mengatakan kondisi masa depan yang akan dihadapi bangsa ini akan semakin beragam dan tidak ringan.

"Kita berharap generasi muda harus mampu mengartikulasikan berbagai tantangan yang dihadapi," ujarnya.

Ia berharap generasi muda dapat berdiri di garda terdepan dalam menyiapkan diri menghadapi tantangan yang semakin tinggi.

"Kita harapkan generasi muda meningkatkan daya saing yang tinggi berbasis karakter jujur, dedikatif, disiplin, militan, kreatif dan inovatif untuk menhadapi tantangan tersebut," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016