Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Maya Suganda Pasaribu menginginkan jumlah koperasi tumbuh dan aktif, saat melakukan audiensi untuk mencari informasi atau kebijakan baru dari Dinas Koperasi dan UKM terkait koperasi. 

"Harapannya semoga koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten/ Kota di Babel bisa lebih banyak berdiri dan aktif kembali melakukan kegiatan koperasi," kata Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Babel Maya Suganda Pasaribu di Pangkalpinang, Selasa. 

Ia mengatakan pihaknya sering melakukan pembinaan ke lapangan, memantau dan juga melihat koperasi-koperasi yang ada di kabupaten, kecamatan bahkan di desa.

"Jadi kami ingin mendapatkan informasi ter update tentang koperasi, sebagai sumber informasi kami untuk disampaikan ke masyarakat,” katanya. 

Ia menyampaikan beberapa kendala yang dihadapinya saat melakukan pembinaan di lapangan, yakni masih minimnya koperasi-koperasi yang berdiri di Kabupaten/Kota yang disebabkan beberapa faktor seperti, kurangnya pengetahuan tentang koperasi, persoalan biaya dan modal utama. 

Menurut Kepala Bidang Koperasi, Dinas Koperasi dan UKM Babel Sopiar mengatakan terdapat 735 Koperasi aktif di Kep. Babel, 217 unit Koperasi RAT, dan 363 Koperasi memiliki sertifikat NIK.

"Dalam hal ini terjadi kenaikan jumlah koperasi pada tahun 2023, dan ada 112 Koperasi yang menjadi  binaan Pemerintah Provinsi," katanya. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Babel Yulizar Adnan menyampaikan bahwa akan mengajukan anggaran untuk membantu koperasi yang memerlukan biaya.

“Kami siap melakukan sosialisasi untuk menambah pengetahuan masyarakat yang ingin mendirikan koperasi, tinggal diatur kapan pelaksanaannya dan akan kami ajukan anggaran untuk koperasi di Kep. Babel,” kata. 

Pj. Ketua TP PKK Babel menambahkan maksud dan tujuannya untuk mengaktifkan kembali koperasi Babel. Dalam hal ini mempunyai kendala dua nama koperasi yang berbeda tapi dengan satu alamat. 

Menanggapi hal tersebut, Sopiar mengatakan akan berkoordinasi ke Bidang Notaris, apakah nanti bisa merubah atau mendirikan kembali Koperasi Provinsi di bawah naungan TP PKK Provinsi Kepulauan Babel.

“Kami siap mendampingi, dan akan kami konsultasikan ke notaris. Nanti anggaran dasarnya juga akan di detilkan, pasal demi pasal,” katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023