Mobil Sehat PT Timah Tbk terus bergerilya mendatangi satu persatu wilayah operasional perusahaan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat.

Kehadiran Mobil Sehat PT Timah Tbk kali memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Desa Air Duren, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka.

Berada di halaman Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pemali, ratusan warga berbondong - bondong untuk mengikuti kegiatan pemeriksaan gratis, Kamis (27/07/23).

Kasni (66), salah satu warga Jalan Kenangan, Desa Pemali mengatakan jika dirinya merasa lega setelah ikut memeriksakan kesehatannya di mobil sehat milik PT Timah Tbk.

“Tau adanya kegiatan hari ini dari sekolah, soal ibu kan jualan di kantin sekolah dan diumumkan kalau hari kamis ini ada berobat gratis dari PT Timah. Alhamdulillah kami sempat-sempatkan untuk datang kesini,” ucapnya.

“Rasanya lega setelah dilakukan pemeriksaan, udah agak enakan. Karena langsung berobat sudah tau jadi penyakit apa saja yang saya derita,” ujar Kasni.

Ia berharap, kegiatan pemeriksaan gratis ini dapat dilakukan lagi kedepannya, dengan menghadirkan dokter spesialis.

“Mudah-mudahan ke depan PT Timah lebih maju, lebih sukses lagi. Serta dapat mendatangkan dokter-dokter yang ahli untuk datang disini, selain itu juga kalau diberikan kesehatan dan juga panjang umur, nanti bisa berobat lagi kesini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Pemali Elfina mengapresiasi kontribusi yang diberikan oleh PT Timah Tbk, untuk menyukseskan kegiatan mereka.

“Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun SMA Negeri 1 Pemali ke-25, yang kami kemas dalam tema Miracle (Milat Perak Ceria Lukiskan Ekspresi), sekaligus dari kata Miracle itu kami ingin memberikan sebuah keajaiban untuk anak didik kami,”

Menurutnya, kegiatan ini juga melibatkan para alumni tahun 1898 agar mereka bisa memberikan inspirasi bagi para pelajar.

“PT Timah sangat mensupport kegiatan kami, dengan berbagai bantuan yang diberikan, dan salah satunya dengan menghadirkan mobil sehat dengan program pemeriksaan kesehatan, selain itu juga ada dukungan juga dari para alumni SMAN 1 Pemali. PT Timah, itu luar biasa memberikan support kepada kami, sehingga kegiatan kami ini berjalan dengan sangat lancar,” kata Elfina.

Menurutnya, ide kegiatan pemeriksaan gratis ini merupakan dari para alumni.

“Sebenarnya pemeriksaan gratis ini juga ide para alumni yang sebagian dari sudah menjadi dokter. Selain itu kami juga ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, karena salah satu fungsi sekolah bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Nah, inilah salah satu momen yang kami rasa sangat pas dan juga bisa dikenang, serta berkesan bagi mereka," ucapnya.

Selain pemeriksaan gratis, ada juga kegiatan donor darah, khitanan massal dan pembagian sembako untuk masyarakat dan jalan sehat.

“Kita buatlah event yang bisa melibatkan alumni, menggalang alumni, kemudian juga bisa untuk ke masyarakat. Nah ini pembelajaran besar untuk semua siswa kami, bahwa kita hidup itu bukan hanya sebagai pelajar, bukan hanya belajar dalam kelas, tetapi juga belajar bermasyarakat, berbagi dan sebagainya,” katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023