Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ansori meminta pemerintah daerah memprioritaskan pembangunan di daerah 3 T (tertinggal, terdepan, terluar) guna mewujudkan pembangunan yang merata dan berkeadilan.

"Kami berharap pemerintah dapat memprioritaskan pembangunan di daerah 3 T," kata Ketua DPRD Belitung, Ansori di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, salah satu daerah 3 T di wilayah Kabupaten Belitung adalah Pulau Sumedang yang terletak di Kecamatan Membalong.

Adapun jarak tempuh menuju Pulau Sumedang memakan waktu sekitar 3-4 jam menggunakan perahu nelayan.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil anggota DPRD Belitung Daerah Pemilihan (Dapil) Belitung IV cukup banyak aspirasi yang diserap tentang pembangunan Pulau Sumedang.

"Usulan yang kami tampung dari Pulau Sumedang cukup banyak. Sebagai salah satu pulau terluar kami harapkan pemerintah daerah dapat memprioritaskan pembangunan di sana (Pulau Sumedang),"  ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan tersebut meliputi infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Sehingga masyarakat di sana bisa mendapatkan pemerataan pembangunan sama halnya seperti masyarakat di daratan," katanya. 

Ia menjelaskan, Pulau Sumedang menyimpan segudang potensi yang selama ini belum dioptimalkan salah satunya adalah pariwisata.

Selain itu, Pulau Sumedang juga menyimpan kekayaan hasil laut dan perikanan.

"Makanya tadi masyarakat di sana ada yang meminta pelatihan kepariwisataan," ujarnya.

Selain itu, pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pulau Sumedang terutama bagi ibu hamil dan melahirkan.

"Mohon fasilitas kesehatan di sana dapat ditingkatkan pasalnya sudah banyak ibu melahirkan yang dirujuk ke Puskesmas terdekat karena tidak tertangani di sana dan melahirkan di kapal, sehingga mereka minta adanya kapal cepat atau transportasi yang cepat," kata Ansori.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah daerah dapat mempromosikan pembangunan di Pulau Sumedang dan pulau 3 T lainnya di daerah itu.

"Persoalan ini harus menjadi perhatian bersama dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di sana," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023