Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi menyerahkan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk membantu petani di Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam meningkatkan produksi padi dan tanaman hortikultura di daerah itu.

"Kita hadir di sini bukan sekedar wacana, tetapi dalam rangka untuk menyaksikan langsung kondisi pertanian dan permasalahan yang dihadapi oleh petani," katanya dalam keterangan pers di Pangkalpinang, Sabtu.

Wamen Pertanian Harvick Hasnul Qolbi menyerahkan alat dan mesin pertanian untuk membantu kelompok tani Kabupaten Bangka Barat, setelah melakukan panen padi sawah di Dusun Petaling Jaya Kabupaten Bangka Barat, Jumat (4/8).

Bantuan alsintan yang diserahkan Wamen Pertanian Republik Indonesia diantaranya dua unit traktor roda dua, satu unit cultivator, lima unit handsprayer, satu unit power thresjer dan lima unit pompa air.

Baca juga: Wamen Pertanian: Fenomena El Nino tidak ganggu produksi beras petani

Baca juga: Wamentan RI ajak petani berinovasi kelola pertanian

Selain itu, Wamen Pertanian Republik Indonesia juga menyerahkan bantuan benih padi, buah-buahan, perternakan serta bantuan lainnya untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani di Kabupaten Bangka Barat.

"Kami berharap bantuan ini dapat mengatasi permasalahan yang tengah dihadapi petani dalam mengembangkan usaha pertaniannya," demikian Harvick Hasnul Qolbi.

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wamentan yang membantu memenuhi kekurangan sarana dan prasarana pertanian di Bangka Barat.

Baca juga: Wamen Pertanian minta Bangka Belitung jaga stabilitas stok dan harga pangan

Baca juga: Kementan minta BUMD lebih giat menjalankan usaha produktif

"Pertanian di Babel sedang kita galakan dan tentunya Bapak Wamen Pertanian sudah melihat dan menyaksikan langsung kondisi pertanian di daerah ini," katanya.

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming-Ming juga mengucapkan terima atas kehadiran Wamentan di Bangka Barat dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, sehingga nantinya daerah ini bisa meningkatkan hasil pertanian.

"Potensi sawah di Bangka Barat cukup luas, tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal karena terkendala infrastruktur dan irigasi," ujarnya.

Baca juga: Kementerian Pertanian RI promosikan durian Babel hingga ke internasional

Baca juga: Wamen Pertanian inginkan lada Babel kembali berkembang
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023