Toboali (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mencetak 3.000 hektare sawah baru, guna meningkatkan produksi beras petani di daerah itu.

"Dana cetak sawah ini sebesar Rp30 miliar berasal dari Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produksi padi dan kesejahteraan petani," kata Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Selatan, Sukirman di Toboali, Senin.

Ia menjelaskan 3.000 hektare cetak sawah baru akan dicetak di tiga kecamatan dengan rincian Kecamatan Toboali seeluas 660 hektare, Air Gegas 680 hektare dan Pulau Besar seluas 1.680 hektare.

"Luas cetak sawah ini berdasarkan luas area yang dimiliki oleh masing-masing kecamatan dan lokasinya berada di area Area Pengunaan Lain (APL)," ujarnya.

Ia mengatakan untuk melaksanakan kegiatan ini pihaknya bekerja sama dengan pihak TNI seperti pembukaan lahan hutan.

"Setelah bersih baru diserahkan kepada kelompok tani yang ada di tiap kecamatan. Untuk wilayah Bangka Selatan  dikerjakan oleh Zeni Kontruksi TNI AD seluas 2.000 hektare dan sudah terealisasi 57 persen dan Zeni Kontruksi Kodam 2 Sriwijaya 1.000 hektare terealisasi 4 persen," ujarnya.    
    
Ia berharap kegiatan cetak sawah ini dapat berjalan lancar dan langsung bisa dimamfaatkan para petani agar dapat meningkatkan kesejahteraan.

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan sehingga petani langsung bisa mengarap lahan yang telah disediakan," harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016