Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupaya menguatkan sinergi engan Pemerintah Pusat agar bisa bersama-sama mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan unggulan di daerah itu.

"Kehadiran Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi selama dua hari di tengah masyarakat Bangka Barat kemarin memberikan peluang yang lebar untuk berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat berkaitan dengan pengembangan sektor pertanian dan perkebunan, semoga komunikasi ini bisa terus berlanjut untuk kepentingan masyarakat," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Senin.

Menurut dia, Kabupaten Bangka Barat dalam beberapa tahun terakhir terus mengembangkan sektor pertanian dan sampai sejauh ini masih ada beberapa titik persawahan yang perlu mendapatkan perhatian dan pendanaan agar bisa ditingkatkan.

"Sekian tahun kita tidak punya dana alokasi khusus untuk membuat hamparan sawah yang ada sesuai dengan standar, dengan kunjungan Wakil Menteri Pertanian diharapkan Pemerintah Pusat bisa melihat langsung, dan selanjutnya memberikan dukungan dari sisi pendanaan, program, dan kegiatan serta bantuan sarana dan prasarana lainnya untuk kemajuan pertanian di Bangka Barat," katanya.

Selain pengembangan sektor pertanian yang diharapkan terus bisa didukung untuk peningkatan produksi dan produktivitas dengan ketersediaan lahan yang ada, Pemkab juga mengharapkan dukungan pengembangan sektor perkebunan unggulan.

Selain sektor pertanian, Kabupaten Bangka Barat juga memiliki potensi besar dalam bidang perkebunan, antara lain karet, lada putih dan perkebunan durian yang selama ini sudah cukup terkenal di pasar nasional dan internasional.

Berbagai produk unggulan tersebut perlu untuk terus dikembangkan agar masyarakat petani dan pekebun bisa semakin maju dan sejahtera.

Pemerintah akan terus berupaya agar para petani dan pekebun di daerah itu bisa mendapatkan berbagai informasi, pelatihan, penyuluhan dan mendapatkan kepastian harga jual berbagai produk yang dihasilkan.

"Pola seperti ini perlu dukungan dan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah, provinsi, dan pusat," katanya.

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi berkunjung ke Bangka Barat pada 4-6 Agustus 2023  Pada kunjungannya Wamentan menghadiri acara panen raya padi di Desa Simpangyul, Tempilang, dilanjutkan dengan kunjungan ke perkebunan pembibitan durian varietas unggul, sekaligus memberikan berbagai bantuan untuk masyarakat petani, antara lain bibit durian senilai Rp110 juta, traktor roda dua, cultivator, hand sprayer, power thresher dan pompa air.

Ada juga bantuan padi biofortifikasi, padi inbrida, bibit cabai, pengembangan lahan pertanian produktif untuk Kecamatan Kelapa, dan sepuluh ekor sapi.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023