Pemerintah Kabupaten Bangka Barat akan memanfaatkan Pekan Olahraga Provinsi VI Kepulauan Bangka Belitung untuk mempromosikan berbagai potensi wisata di daerah itu.

"Ini kesempatan untuk mengenalkan lebih luas berbagai potensi wisata yang ada, kami berupaya setelah kegiatan ini akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Bangka Barat sehingga pariwisata semakin maju dan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming MIng di Mentok, Kamis.

Menurut dia, Porprov Babel yang digelar mulai 11 hingga 31 Agustus 2023 merupakan sebuah kesempatan bagus untuk promosi potensi wisata kepada para atlet dan anggota kontingen dari seluruh kabupaten dan kota di Babel.

"Kami kenalkan kepada mereka objek wisata alam, kuliner, tradisi, budaya dan wisata sejarah yang ada di Bangka Barat," katanya.

Pemkab akan berupaya meningkatkan promosi agar para pengunjung yang datang dalam kegiatan olahraga empat tahunan ini bisa semakin mengenal potensi pariwisata yang dimiliki Bangka Barat.

Pada pembukaan Porprov Babel kali ini Pemkab juga akan menampilkan kesenian dan kebudayaan yang bercerita tentang kekayaan budaya yang ada di Bangka Barat, hal ini dilakukan untuk mengenalkan berbagai potensi wisata yang ada kepada para pengunjung.

"Ini memang waktunya bagi kita untuk bangkit, Bangka Barat layak dikunjungi," katanya.

Dengan pola promosi ini diharapkan akan memiliki dampak positif pada jumlah kunjungan wisatawan regional atau wisatawan yang berasal dari berbagai daerah di Babel.

Selain ajang promosi pariwisata, Porprov Babel juga diharapkan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat, khususnya para pelaku UMKM dan pelaku wisata di daerah itu.

"Para pelaku UMKM akan kami fasilitasi agar bisa berdagang di sekitar lokasi pertandingan, penginapan atlet dan lokasi-lokasi strategis lainnya, demikian juga dengan para tukang ojek," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023