Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), terus menggencarkan pelaksanaan Program Ajak Bupati Kita Sambang Kampung atau Aik Bakung untuk bertatap muka secara langsung dan menyerap aspirasi warga.

"Melalui Program Aik Bakung ini kita turun langsung ke sejumlah desa, kita datangi, sapa, dan dengarkan langsung aspirasi warga," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Sabtu.

Bupati Riza Herdavid menjelaskan Program Aik Bakung itu menunjukkan bahwa pemerintah adalah pelayan publik dengan tugas melayani, bukan minta dilayani.

"Program Aik Bakung ini sudah kita jalankan di sejumlah desa dengan fokus pelayanan kesehatan, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat tanah, dan menampung aspirasi warga," ujarnya.

Bupati mengatakan Program Aik Bakung terus dilaksanakan agar pelayanan publik kepada masyarakat semakin maksimal.

"Banyak kegiatan kita lakukan dalam program ini, mulai olahraga bersama hingga diskusi mengenai kendala dan harapan masyarakat ke depan," ujar Riza Herdavid.

Ia mengatakan Program Aik Bakung ini semakin mendekatkan pelayanan dengan masyarakat dan mempersingkat birokrasi sehingga masyarakat merasa terbantu.

"Selama ini pelayanan dilakukan di kantor dan masyarakat yang datang, namun sekarang pelayanan langsung di tengah masyarakat karena kita yang datang," ujarnya.

Kepala Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Bayumi AR, mengatakan bahwa Program Aik Bakung sangat membantu masyarakat.

"Terutama warga desa yang jauh dari pusat pemerintahan, tentu mendekatkan pelayanan membuat mereka merasa terbantu," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023