Dinas Sosial Kota Pangkalpinang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pendataan Bantuan Sosial (Siap Bos) untuk mempermudah dalam menginput data masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial (Bansos), Selasa (15/8).

Kepala Dinas Sosial, Khotaman Barkah menyampaikan jika aplikasi siap bos diluncurkan untuk meminimalisir ketidaktepatan sasaran data, terhadap masyarakat yang patut menerima Bansos tersebut.

"Dengan adanya aplikasi ini, kita nantinya punya data terpadu, sehingga pemanfaatan dan pemrograman kita akan menjadi lebih mudah, tepat sasaran serta tepat guna," ujar Barkah.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan memprioritaskan data kemiskinan dan penyandang disabilitas terlebih dahulu.

Khotaman menambahkan, bahwa aplikasi itu untuk sekarang belum bisa didownload karena masih berbentuk website. Ia juga berharap bagi masyarakat yang belum terdata bisa memasukkan datanya ke aplikasi itu, agar mempermudah dinas sosial dalam proses penyaluran Bansos.

"Untuk sekarang aplikasi ini masih website, besok pagi kita akan melaksanakan bimbingan teknis bagi para PSM bagaimana cara melakukan input data masyarakat," katanya.

Ia juga berharap tidak ada lagi tumpang tindih dalam bantuan sosial. Serta, masyarakat yang belum terdata bisa memasukkan datanya melalui apk ini, sehingga nanti jika ada program bantuan sosial mudah untuk kami salurkan.
 
"Untuk perencanaan aplikasi ini butuh waktu sekitar dua bulan, yang di bantu oleh dinas Kominfo untuk membuat aplikasinya. Akan tetapi, ide serta menu yang ada berdasarkan masukan dari Dinas Sosial," ujarnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023