Tuan rumah Bangka Barat berhasil mempertahankan posisi pertama pada klasemen sementara dalam perolehan medali PORPROV VI 2023. Hingga berita ini ditulis, Negeri Sejiran Setason berhasil memperlebar jarak dengan kompetitor di peringkat kedua, yaitu Bangka, dengan selisih 2 medali emas, Sabtu (19/08) malam.

Tambahan 2 emas yang didapatkan Bangka Barat pada penghujung hari Sabtu ini tercipta dari cabang olahraga menembak. Dengan perolehan tersebut, Bangka Barat makin kokoh di puncak klasemen dengan total perolehan emas sebanyak 8 buah, 1 buah medali perak, dan 4 buah perunggu.

Pada posisi kedua, Kabupaten Bangka masih bertahan berkat 1 buah medali emas dari cabang olahraga menembak yang mereka peroleh. Dengan begitu, jumlah medali yang sampai saat ini mereka dapatkan adalah berjumlah 17 medali, terdiri dari 6 buah medali emas, 6 buah perak, dan 5 buah medali perunggu.

Sementara itu, Bangka Tengah dan Belitung juga masih bertahan pada posisinya masing-masing seperti pada rekapitulasi Sabtu siang sebelumnya. Keduanya masih harus saling waspada satu sama lain berkat selisih 1 emas yang membedakan. 

Pada peringkat kelima, Kabupaten Belitung secara mengejutkan berhasil menyalib Bangka Selatan dan Pangkalpinang berkat perolehan 3 emas yang mereka dapatkan dari cabang olahraga balap sepeda dan menembak. 

Pangkalpinang pada posisi keenam, seperti yang diprediksi sebelumnya, berhasil menggeser posisi Bangka Selatan berkat tambahan 1 medali emas dari cabang olahraga menembak.

Meskipun secara klasemen posisinya tidak berubah, namun Pangkalpinang berhasil dalam mempertahankan kedudukannya dan membiarkan Bangka Selatan untuk turun ke posisi juru kunci dengan sendirinya. 

Dalam Press Release, Ketua IV PB Porprov Bangka Belitung, Heru Warsito meyakini beberapa hari kedepan perburuan medali akan semakin panas dan sengit mengingat beberapa cabang olahraga lain dalam pesta olahraga empat tahunan ini mulai banyak dipertandingkan.

"Perburuan medali di Pekan Olahraga Provinsi VI Bangka Belitung ini nampaknya akan semakin sengit karena besok sudah memasuki beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan. Besok sudah mulai catur, kemudian panahan sudah mulai, dan mungkin cabang-cabang olahraga lain yang unggulan," ujarnya. 

Berikut hasil perolehan medali cabang olahraga menembak Porprov VI Babel 2023 berdasarkan data resmi dari penyelenggara kejuaraan, Sabtu (19/8).
 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023